Tanggal 27 Juni 2018 telah ditetapkan sebagai hari pemungutan suara atau Pilkada serentak.Hal tersebut tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada 2018.

“Pilkada 2018 sedikit berbeda dari 2015 dan 2017, karena di tengah-tengah tahapannya, secara bersamaan juga akan dilaksanakan tahapan pemilu legislatif dan Pemilu 2019. Jadi pekerjaan KPU, Bawaslu, TNI, Polri, bahkan partai politik akan dua kali lipat,” ungkap Arief, Ketua KPU RI  di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (14/6/2017).

“Kami bertekad pilkada ini menjadi lebih baik, maka dari itu KPU selalu menekankan hal pokok yang harus dijalankan dan dijadikan pedoman bersama bagi penyelenggara pemilu di tingkat daerah. Yang pertama transparansi, kemudian kedua adalah integritas,” begitu harapannya. Arief juga menyampaikan bahwa penyelenggara pemilu kali ini untuk pelayanan pemberian informasi kepada masyarakat akan lebih optimal, serta memastikan seluruh produk hukum KPU apat terpublikasi dengan baik pada Pilkada 2018. Sebanyak 171 daerah akan berpartisipasi dalam Pilkada 2018.

Apa alasan pemerintah meliburkan hari tersebut ? banyaknya pertimbangan, salah satunya kekhawatiran terganggunya aktivitas kerja masyarakat yang ada di 171 daerah. Hal ini karena mobilitas kerja masyarakat itu sendiri. “Karena mobilitas manusia maka (libur) tidak hanya di 171 daerah itu,” ujar Menko Polhukam Wiranto di Jakarta, Senin (25/6/2018). Wiranto mengatakan, banyak masyarakat di 171 daerah pilkada bekerja di luar daerah yang tidak menggelar pilkada. Situasi itu akan menjadi dilematis bila libur hanya diterapkan di daerah yang menggelar Pilkada Serentak 2018 saja. Sebab, kata Wiranto, masyarakat akan sulit memilih untuk bekerja dan tak berpartisipasi dalam Pilkada Serentak 2018, atau ikut mencoblos dengan konsekuensi bolos kerja.

Sementara itu Pemprov DKI Jakartajuga bertekad mendukung suksesnya hari pilkada serentak tersebut.”Insya Allah kami akan siap dari sisi Pemprov DKI Jakarta untuk mendukung kerja berat berikutnya yaitu Rabu besok ada Pilkada di beberapa wilayah di sekitar DKI dan ini tugas pengamanan enggak kecil, kami siap dukung,” kata Anies Baswedan di Gedung Promoter Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (25/6/2018).

Bagaimana dengan aktivitas perbankan dimana merupakan kekuatan ekonomi negara yang beberapa hari lalu telah libur lumayan panjang saat Lebaran tiba hingga baru beberapa hari lalu mulai aktivitas lagi. Apakah akan ada aktivitas saat pilkada 27 Juni 2018 esok ?
Bank Indonesia memberikan keterangan kepada media “Pada pelaksanaan Pilkada, BI dipastikan tetap mendukung kegiatan ekonomi nasional dengan memberikan pelayanan sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah kepada masyarakat dan dunia usaha di seluruh wilayah Indonesia,” demikian keterangan tertulis BI, Senin (25/6/2018).
“Bank Indonesia melakukan pengaturan waktu kerja bagi pegawai yang melaksanakan kegiatan operasional terbatas untuk menggunakan hak pilihnya pada saat pemungutan suara,” demikian isi keterangan BI.
Istimewa bukan tanggal 27 Juni 2018 ? Mari sukseskan Pilkada serentak !
Artikel sebelumnyaPencapaian dunia teknologi dalam memecahkan misteri penyakit kanker
Artikel selanjutnyaKetika kawan lama hadir kembali…
I am the owner and founder of SCI MEDIA www.sayacintaindonesia.com. With a strong background as a media writer since 1994 from various magazines and newspapers and an independent writer for non-fiction books I have launched built me to have excellent skill in communication with people. I also have the skill to build corporation and personal images such as being coach for beauty contest and working as Artist Manager. I have experience gathering information to write personal biography books along with speaking at seminars and mentoring young women. I was affiliated with more than 50 organizations mostly about women empowerment I was a leader for some projects in Indonesia Ministries. I handled the PR of my party in the presidential election. I have worked with seminars, workshops, talk shows from various topics such as healthy lifestyle, how to become good writer, and others.