Sudahkah Kamu Kenal dengan Alat Musik Karinding?

0
31

Karinding, begitulah namanya disebut. Karinding merupakan alat musik tradisional khas suku Sunda yang jarang diketahui oleh orang-orang saat ini.

Alat musik ini terbuat dari bahan bambu atau pelepah kawung, konon katanya alat musik ini sudah ada sejak enam abad yang lalu, bahkan umurnya diperkirakan lebih tua dari alat musik gamelan dan kecapi.

Alat musik ini berukuran kecil dan merupakan jenis alat musik lamelafon atau idiofon. Selain itu, alat musik ini bisa menghasilkan dua jenis nada  (melodi dan ritme.)

Pada jaman dahulu, alat musik Karinding ini sebenarnya dipergunakan untuk menjadi alat pengusir hama. Dikenal dengan memiliki suara yang memiliki efek mengusir hama, maka alat musik ini sering dimanfaatkan oleh para petani di jaman dahulu untuk membersihkan ladang mereka dari hama-hama yang merugikan.

Tidak hanya untuk mengusir hama, Karinding juga umum digunakan untuk memikat perhatian lawan jenis pada jaman dahulu. Banyak orang yang menilai jika suara yang keluar dari alat musik ini bisa membuat kita merinding dan terkesima. Itulah mengapa, Karinding menjadi salah satu cara seseorang untuk mendekati sang pujaan hati.

Sayangnya, sekarang alat musik tradisional seperti ini sudah semakin jarang diketahui oleh banyak orang. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk kita melestarikan ciri khas negara kita dan memperkenalkan budaya Indonesia kepada anak-anak muda saat kini agar lebih meningkatkan rasa nasionalisme juga pengetahuan akan budaya adat istiadat yang ada di Indonesia.

 

Penulis SC Indonesian News : Jihan Rienita

SHARE
Previous articleMengenal Serunai, Alat musik tradisional Sumatera Barat berasal dari batang padi dan tanduk kerbau
Next articleCOVID-19 UPDATE — Kasus Positif RI Turun Drastis, Buat Malaysia Termotivasi
I am the owner and founder of SCI MEDIA www.sayacintaindonesia.com. With a strong background as a media writer since 1994 from various magazines and newspapers and an independent writer for non-fiction books I have launched built me to have excellent skill in communication with people. I also have the skill to build corporation and personal images such as being coach for beauty contest and working as Artist Manager. I have experience gathering information to write personal biography books along with speaking at seminars and mentoring young women. I was affiliated with more than 50 organizations mostly about women empowerment I was a leader for some projects in Indonesia Ministries. I handled the PR of my party in the presidential election. I have worked with seminars, workshops, talk shows from various topics such as healthy lifestyle, how to become good writer, and others.