Kabar baik kembali terdengar di telinga masyarakat Indonesia, Menteri Kesehatan RI mengumandangkan bahwa kasus Covid-19 di Indonesia setiap harinya kian berkurang. Bahkan, Malaysia sampai dibuat heran karena Indonesia telah mencatatkan kasus Covid-19  turun secara drastis dan memegang status relatif terkendali dalam waktu yang singkat. Sementara Negeri Harimau Malaya itu masih berjuang melawan ganasnya pandemi virus Corona.

Kementrian Kesehatan RI mengungkapkan data pada hari Minggu (5/9/2021), yang menyatakan bahwa kasus baru Covid-19 pada hari ini tercatat 5.403 pasien dan ini merupakan angka kasus harian terendah dalam 3 bulan terakhir.

Kasus baru tersebut ditemukan dari tes Covid-19 yang dilakukan terhadap 104.944 orang. Alhasil, kasus ini hari menambah total akumulasi kasus menjadi 4,129 juta. (Dikutip melalui CNBC Indonesia.)

Karena mengalami penurunan yang cukup cepat dibandingkan dengan periode bulan Juli lalu, Indonesia kini menjadi sorotan beberapa negara tetangga dan salah satunya adalah Malaysia.

Malaysia takjub dengan penurunan kasus harian yang terjadi di Indonesia ketika kondisi negaranya yang saat ini masih mengalami lonjakan kasus dengan laporan 20.000 kasus per hari. Pasalnya, Malaysia juga sudah cukup lama memberlakukan pengetatan pembatasan aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dinamai Perintah Kawalan Pergerakan Kerajaan Malaysia atau Movement Control Order (MCO).

Hal ini membuat salah satu anggota parlemen Malaysia, Lim Kit menyatakan bahwa meskipun populasi Indonesia lebih besar dibandingkan Malaysia, tetapi Indonesai berhasil menurunkan tingkat infeksinya jauh lebih cepat daripada Malaysia, dan ini menjadi sebuah motivasi yang membuat mereka mempertanyakan apakah Menteri Kesehatan Malaysia dapat melakukan hal serupa.

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono sendiri mengatakan bahwa Indonesia telah berhasi melewati masa puncaknya, namun kita semua harus tetap waspada dan menjaga protokol kesehatan tetap berlangsung agar tidak terjadi kesalahan yang sama seperti periode bulan Juli lalu.

 

Penulis SC Indonesia News : Jihan Rienita

Sumber : cnbcindonesia

SHARE
Previous articleSudahkah Kamu Kenal dengan Alat Musik Karinding?
Next articleLupain Mantan! Ada Diri Sendiri yang Perlu Dibahagiakan
I am the owner and founder of SCI MEDIA www.sayacintaindonesia.com. With a strong background as a media writer since 1994 from various magazines and newspapers and an independent writer for non-fiction books I have launched built me to have excellent skill in communication with people. I also have the skill to build corporation and personal images such as being coach for beauty contest and working as Artist Manager. I have experience gathering information to write personal biography books along with speaking at seminars and mentoring young women. I was affiliated with more than 50 organizations mostly about women empowerment I was a leader for some projects in Indonesia Ministries. I handled the PR of my party in the presidential election. I have worked with seminars, workshops, talk shows from various topics such as healthy lifestyle, how to become good writer, and others.