Menjaga Kulit Tetap Sehat Selama Ramadan

0

Bulan Ramadan para wanita memiliki banyak waktu untuk mengisi dengan berbagai cara. ada yang gemar membaca, ada yang sibuk di dapur mencoba berbagai resep, ada pula yang molor alias banyak tidur lantaran badan lemas dan perut kosong tak bertenaga.

Namun bagi beberapa wanita, ada yang merawat tubuh selama Ramadan lebih intens karena punya kesempatan untuk bereksperimen dan mencoba berbagai resep dan tips seputar kecantikan.

Puasa adalah perubahan aktivitas berkaitan dengan asupan tubuh baik makanan atau minuman. Maka hendaknya harus dijaga agar tubuh tidak kekurangan cairan. Mengingat 90% tubuh terdiri dari cairan.

  • Perhatikan jumlah cairan atau air yang diminum

Ttetap penuhi kebutuhan cairan tubuh. Minum air minimal 8 gelas / hari, dan minumlah begitu ada kesempatan saat berbuka., saat sedang tidak berpuasa. Namun, hindari minuman bersoda dan minuman yang mengandung kafein. Soda dan kafein akan menyerap kandungan mineral tubuh dan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi penting.

  • Jangan malas makan sayur dan buah

Perbanyak konsumsi buah yang kaya akan air dan serat, seperti buah semangka, nanas, pepaya, atau mangga. Buah-buahan akan bertahan lebih lama di saluran pencernaan, sehingga dapat mengurangi rasa lapar dan haus ketika berpuasa. . Buah dan sayuran tersebut dapat Anda konsumsi secara langsung atau dalam bentuk jus tanpa tambahan gula. Antioksidan yang terkandung dalam buah sangat baik untuk kulit.

  • Buat variasi makanan agar nutrisi tercukupi

Pastikan mengonsumsi nutrisi yang baik pada malam dan dini hari. Nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan kulit, kuku, dan rambut  sangat bervariasi jangan batasi karena akan ada yang kekurangan sehingga membuat masalah seperti kulit kusam atau kuku mudah patah.

  • Cuci wajah jangan terlalu sering

Memang cuaca panas dan haus membuat kita ingin selalu membasuh kulit muka. Namun hati-hati sebab risiko kulit dehidrasi dan iritasi akan semakin meningkat. Bila Anda ingin mencuci wajah, sebaiknya Anda selalu menggunakan sabun pembersih berpelembap agar kulit senantiasa lembut dan tidak teriritasi.

  • Pakai pelembab dan lindungi wajah dengan lotion atau tabir surya

Perbanyak minum air putih ketika sedang tidak puasa (malam dan dini hari/sahur). Untuk menjaga hidrasi kulit dari luar, Anda dapat menggunakan pelembap. Usapkan pelembab ( baby oil juga bisa )setelah mandi merupakan waktu yang tepat  karena keadaan pori-pori masih terbuka sehingga penyerapan pelembap akan lebih baik. Tidak masalah menggunakan pelembab sesering mungkin untuk menghindari dehidrasi kulit. Pilih pelembab yang cocok dengan kondisi kulit. Saat bepergian di siang hari gunakan lotion untuk wajah atau tabir surya agar kulit terutama dibawwah mata / kantong mata terlindungi dari sinar matahari yang bisa berakibat buruk pada kulit.

  • Tetap beraktivitas olahraga

Lemas dan tidak berenergi bukan berarti menghen tikan aktivitas olahraga. Olahraga tetap harus Anda lakukan. Olahraga membuat metabolisme tubuh tetap terjaga dengan baik. Hanya saja jaga waktu dan sesuaikan agar tidak over activities. Berjalan seputar taman atau kompleks rumah saat pagi hari selama satu jam agar tubuh terasa bugar, dan kulit terlihat segar.

Selamat menjalankan ibadah puasa bersama keluarga…

 

foto : vaya

 

 

Artikel sebelumnya“Politik dan Uang , Sepanjang jalan kenangan…kita saling bergandeng tangan ”
Artikel selanjutnyaMalaysia Dalam Kamera
I am the owner and founder of SCI MEDIA www.sayacintaindonesia.com. With a strong background as a media writer since 1994 from various magazines and newspapers and an independent writer for non-fiction books I have launched built me to have excellent skill in communication with people. I also have the skill to build corporation and personal images such as being coach for beauty contest and working as Artist Manager. I have experience gathering information to write personal biography books along with speaking at seminars and mentoring young women. I was affiliated with more than 50 organizations mostly about women empowerment I was a leader for some projects in Ministry of Women Empowerment. I handled the PR of my party in the presidential election. I have worked with seminars, workshops, talk shows from various topics such as healthy lifestyle, how to become good writer, and others.