Malaysia Dalam Kamera

0

Negeri Jiran, apa kabar ?

Sudah beberapa kali penulis melancong ke negeri Jiran atau Malaysia. Dari Kinabalu, hingga Kuala Lumpur. Sebetulnya tidk banyak waktu mengingat penulis berkunjung untuk mengikuti beberapa dinas atau kunjungan khusus kerja.

Setidaknya terakhir menikmati negari tersebut adalah dua hari sebelum masa pemilihan umum yang mengantarkan Mahathir Muhamad untuk kembali ke tampuk pimpinan sebagai Perdana Menteri di usia sangat lanjut 92 tahun (konon tercatat dalam sejarah sebagai Perdana Menteri berusia paling lanjut yang pernah ada di seluruh dunia ).

Apa istimewanya ? Hmm, negeri serumpun dengan Indonesia ini memiliki kebersihan dan keteraturan yang luar biasa. Walau di Kinabalu masih terlihat jauh tertinggal dari wilayah lainnya di Malaysia. Maksudnya wilayah tersebut masih banyak bangunan yang usang dan kendaraan juga tidak banyak yang mewah. Lain halnya dengan Kuala Lumpur sebagai ibukota Malaysia, kotanya bersih, apik dan tertata. Jarang sekali terjadi kemacetan dan hampir tidak ditemukan sampah di jalan.

Malaysia sudah terlebih dahulu memiliki MRT ( Mass Rapid Transit  ). Di Kuala Lumpur transportasi moda ini banyak diminati lantaran praktis, murah, bersih dan bisa online dalam pemesanan karcisnya terlebih bagi pengguna setiap hari maupun turis yang membutuhkan guide atau pemandu wisata.

Penulis bermalam di Majesty ‘Heritage’ Hotel yang masih satu group dengan Marriot Hotel. Tercatat sebagai bintang 5 yang berada di jantung ibu kota, Kuala Lumpur atau tepatnya di Jalan Sultan Hishamuddin, Tasik Perdana. Hotel dengan pelayanan yang ramah ( mayoritas etnis India ) dan nuansa klasik dengan dekor artistik sangat nyaman dan kerasan lima malam disana.

Memilih hotel ini lantaran tidak jauh dari Kedutaan Republik Indonesia yang berada di jalan Tun Abdul Razak ( nama ayahanda ex Perdana Menteri Najib Razak ). Letak hotel juga bersebelahan dengan Museum Nasional dan Museum Islamic Arts. Tinggal berjalan kaki saja kurang dari 5 menit. Sementara untuk makan dan pergi ke shopping area pihak hotel menyiapkan mobil dan supir khusus untuk antar jemput melalui fasilitas ekslusifnya. Seperti Mal Kawasan Bukit Bintang, Suria KLCC (Kuala Lumpur City Centre), Central Market Jalan Hang Kasturi dan masih ada beberapa lagi yang kurang lebih sama dengan mal-mal di Jakarta.

Kelebihan lainnya ? penulis terkesan dengan warga yang saling bertoleransi dari etnis dan agama. Juga dalam menjaga kebudayaan ( walau Indonesia beberapa kebudayaan sama atau mirip dengan Malaysia karena serumpun ).

Malaysia, trully Asia ?

 

foto : David Brian Honaker

 

 

Artikel sebelumnyaMenjaga Kulit Tetap Sehat Selama Ramadan
Artikel selanjutnyaPANCASILA dalam sinema
I am the owner and founder of SCI MEDIA www.sayacintaindonesia.com. With a strong background as a media writer since 1994 from various magazines and newspapers and an independent writer for non-fiction books I have launched built me to have excellent skill in communication with people. I also have the skill to build corporation and personal images such as being coach for beauty contest and working as Artist Manager. I have experience gathering information to write personal biography books along with speaking at seminars and mentoring young women. I was affiliated with more than 50 organizations mostly about women empowerment I was a leader for some projects in Indonesia Ministries. I handled the PR of my party in the presidential election. I have worked with seminars, workshops, talk shows from various topics such as healthy lifestyle, how to become good writer, and others.