5 Cara Mencintai Diri Sendiri

0
34
Foto: Pixabay

SAYACINTAINDONESIA – Sudahkah kamu mencintai diri sendiri?

Sering kali kita mendengar pepatah mengatakan “Rumput tetangga jauh lebih hijau dari rumput sendiri.”Benar kata pepatah tersebut, kadang kita selalu merasa iri dengan apa yang dimiliki orang lain. Apa yang dimiliki orang lain terlihat lebih indah dari apa yang kita miliki. Memang bener, menerima jauh lebih sulit daripada mensyukuri apa yang dimiliki sendiri. Karena pada hakikatnya manusia selalu merasa rendah, mereka selalu membandingkan diri mereka dengan orang lain. Dan sulit puas dengan apa yang ada di dalam dirinya sendiri.

Mencintai diri sendiri sebenernya sangat penting untuk kehidupan kita. Sebelum mencintai orang lain alangkah baiknya mencintai dirinya sendiri. Karena mencintai diri sendiri adalah mencintai setiap keadaan di hidup kita, happy or sad, berdamai dengan kekurangan dan kelebihan yang ada pada dalam diri kita. Lebih bersyukur dan always positive thinking.

Kita ambil contoh, semisalnya temen kampus yang menurut kami-temen-temennya- dia memiliki sifat bossy. Menurutku sifat itu terjadi karena dia kurang self love terhadap dirinya. Dia berusaha menutupi kekurangan dia dengan sifat bossynya. Kurang menerima kekurangannya. Kurang berdamai dengan dirinya dan kurang bersyukur dengan apa yang ia miliki. Sifat seperti inilah yang harus dihindari.

Mencintai diri sendiri sama pentingnya dengan menjaga hubungan yang baik dengan orang lain karena ketika kita memiliki hubungan yang baik terhadap diri sendiri maka hubungan dengan orang lain akan sangat baik pula. 

Ada banyak cara mencintai diri sendiri. Hal yang paling utama yang harus dilakukan adalah menerima apa kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Ketika kita bisa menerima kelebihan dan kekurangan, maka kita sudah bisa mencintai diri sendiri dengan cara paling sederhana. Selalu bersyukur dengan apa yang di miliki.

Selanjutnya jangan mendengarkan omongan orang lain. fokus ke hidupmu, terkadang orang yang menjelekan kita tidak lebih baik dari kita. Lalu, lupakan hal-hal yang membuat diri kita sedih, bangkit! Hidupmu bukan untuk mengenang masa lalu.

kemudian lakukan hal-hal berbeda. Jangan takut mencoba hal baru, eksplore diri kita seluas-luasnya. Karena dengan cara ini kita bisa lebih deket dengan diri sendiri.

Dan yang terakhir yakin pada kemampuan yang kita miliki. Nothing is impossible. Selama kita yakin, kita mampu melakukan sesuatu yang berharga. Berdiri di depan cermin dan katakan pada bayangan kita di cermin “Aku adalah diriku dan aku mampu melakukan sesuatu yang berharga.”

Yuk, mulai cintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain!