SAYACINTAINDONESIA — Pernahkah kalian tiba-tiba mendengar suara dengung yang entah dari mana asalnya ketika sedang berusaha tidur atau bahkan muncul tiba-tiba saja saat kita sedang beraktifitas? Kata orang, kalau telinga kita berdengung pasti tandanya sedang ada yang bergosip tentang kita. Tapi nyatanya, itu hanya mitos. Ada jawaban sebenarnya mengapa kita bisa mendengar suara dengung seperti itu. Simak penjelasannya di bawah ini.

Bunyi dengungan ini namanya adalah Tinnitus dan faktanya memang banyak sekali orang yang pernah mengalami ini. Lalu, kenapa Tinnitus ini bisa terjadi dan dari mana asalnya?

Jadi, suara ini sebenarnya berasal dari dalam kepala kita sendiri. Jika melihat anatomi telinga di bawah, kita tahu bahwa gelombang suara pertama-tama masuk ke telinga dan di dalamnya akan melewati sel-sel rambut di organ yang terlihat mirip seperti cangkang siput ini. Di sini, peran sel rambut sendiri adalah sebagai penerjemah gelombang suara dengan benar dan menjadi sinyal untuk diteruskan ke otak.

Nah, akan tetapi sel rambut ini bisa saja rusak kalau terkena gangguan. Kalau sudah rusak, otak jadi sulit menerima sinyal yang diharapkan dan malah mengotak-atik selnya untuk memberi sinyal yang benar. Disaat seperti inilah kita jadi mendengar suara dengungan seperti saat kita mencari siaran di radio lama.

Gambar: iStock