Sesi Focus Group Discussion ibu Dra.Irdiana,MM dan Mr David Honaker beserta para mahasiswa/i kelas bahasa Universitas Borobudur Jakarta

Universitas Borubudur yang merupakan salah satu universitas ternama di Jakarta, terletak di jalan Raya Kalimalang Cipinang Melayu, ada yang berbeda pada Sabtu 23/11.  Beberapa dosen dari kelas bahasa dan para mahasiswa-mahasiswi mengadakan acara ‘Meet and Greet” dengan Mr David Honaker.

Suasana akrab saat sesi Focus Group discussion karena Mr David gemar melontarkan jokes

Diskusi apa gerangan ? Diskusi ringan dengan topik seputar ‘sharing’ bagaimana belajar bahasa asing. Dalam hal ini ada dua arah mengenai topik tersebut. Mahasiswa serta mahasiswi yang belajar bahasa asing seperti Inggris dan Jepang ( ada 2 jurusan ) menceritakan kendala-kendalanya selama belajar bahasa asing tersbut. Sementara Mr David Honaker berkisah bagaimana cara belajar bahasa Indonesia dikarenakan beliau merupakan warga Amerika Serikat yang sejak lahir sudah mengenal bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.

” Bahasa Indonesia menurut saya sulit karena banyak dipengaruhi bahasa masing-masing adat dan kebudayaannya ” papar Mr David. ” Namun apapun itu dalam belajar bahasa, kita tidak ada jalan lain yaitu practise, practise dan practise ( -berlatih )”

Pagi itu dimulai sekitar pukul 10 pagi dengan dihadiri sekitar 50 mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai angkatan jurusan Inggris dan Jepang. para dosen pengajar jurusan bahasa sangat ramah dan welcome. Penulis berkesempatan untuk mengikuti kelas tersebut. Para dosen yang terdiri dari ibu Dra Irdiana,MM, ibu Ruth Parsaulian Hutabarat,SS, ibu Dr Ninip Hanifah,M.Hum, bapak Ali Hussin,M.Pd, bapak Hafid Saputra,M.Pd, bapak Imam Mudin,M,Pd dan ibu Dini Handayani,M,Pd.

Mr David telah beberapa kali diundang untuk ‘sharing’ mengenai hal serupa seputar belajar bahasa Inggris baik di pesantren berbagai tingkatan, komunitas asing anak-anak muda, dan beberapa tempat lainnya. Mr David berada di Indonesia sejak 1,5 tahun lalu karena menikah dengan warga Indonesia dan menetap di Jakarta memiliki satu orang putri.

Antusiasme para mahasiswa/i luar biasa. Dikarenakan diskusi sangat akrab dan suasananya hangat memudahkan sesi yang diberikan oleh Mr David. Para mahasiswa/i tidak canggung bertanya dan sesekali Mr David memberikan joke membuat tidak ada jarak diantara mereka.

Para mahasiswi Universitas Borobudur kelas bahasa berpose bersama Mr David Honaker

Kesulitan belajar bahasa asing bagi para mahasiswa/i umumnya dikarenakan rasa kurang percaya diri ketika harus mulai bercakap-cakap ( conversation ). ” Saya paham sih, di kepala…tapi pas mau mengucapkan koq susah amat yaaa” ujar seorang mahasiswa bernama Efrizal. Sementara Sukma yang memiliki pacar warga Inggris merasakan bahwa betapa pentingnya praktek langsung ketimbang teori dalam belajar bahasa Inggris.

Tidak terasa selama 2 jam sesi berlangsung. Para mahasiswa/i masih ingin terus bertanya secara langsung pada Mr David saat sesi telah berakhir. Lalu masing-masing melakukan foto bersama dengan Mr David, beberapa melakukan vlog dan selfie dengan Mr David.

Sesi Focus Group Discussion

” Saya sangat senang dengan mereka karena mereka sangat jujur dan polos, apa adanya. Dosen-dosen juga sangat bijaksana ” ujar Mr David saat ditanya kesan selama memberikan ‘sharing lesson”.

Lets talk in English guys…! dont worry to make mistakes, be confident!

 

Sumber : Ayi Putri Tjakrawedana

Foto-foto : koleksi Azila, Ayi, Vaya dan Universitas Borobudur

 

Artikel sebelumnyaKetika saya mengikuti kegiatan “American Women Association of Indonesia”
Artikel selanjutnyaUndang-Undang Perkawinan No 16 tahun 2019, sekedar ganti kulit ?
I am the owner and founder of SCI MEDIA www.sayacintaindonesia.com. With a strong background as a media writer since 1994 from various magazines and newspapers and an independent writer for non-fiction books I have launched built me to have excellent skill in communication with people. I also have the skill to build corporation and personal images such as being coach for beauty contest and working as Artist Manager. I have experience gathering information to write personal biography books along with speaking at seminars and mentoring young women. I was affiliated with more than 50 organizations mostly about women empowerment I was a leader for some projects in Indonesia Ministries. I handled the PR of my party in the presidential election. I have worked with seminars, workshops, talk shows from various topics such as healthy lifestyle, how to become good writer, and others.