The Wenny talk about today : Why other grass greener than mine ?

0
Penulis dan kawan-kawannya

Beberapa waktu lalu saya membaca sebuah e-book yang diberikan oleh seorang penulis. Buku itu merupakan hasil karya tulisnya. Cerita didalamnya diambil dari kisah nyata, yaitu kisah hidup sebagai istri dari mentri luar negeri perwakilan Indonesia. Cerita demi cerita saya telaah hingga saya larut dalam perjuangan mereka menjadi istri yang harus mengabdi kepada suami, keluarga dan demi nama bangsa ini. Dulu betapa seringnya saya mendengar para orang tua saling membicarakan betapa enaknya bila menikahi suami pejabat. Saya yang saat itu belum paham bagaimana perjuangan para istri pejabat itu pun ikutan beranggapan bahwa enak hidup menjadi istri pejabat. Saya menjadi berpikir tidak perlu bersusah payah bekerja keras bila menjadi istri pejabat. Setelah membaca kisah para istri mentri tersebut saya tidak dapat berkata-kata, malah miris yang saya rasakan.

Bagaimana tidak? Wajar saja saya bilang miris, melihat para istri mentri tersebut harus merelakan impian karirnya, cita-citanya hanya untuk mengabdi pada suami, keluarga, dan nama baik negara ini. Rasanya saya akan hancur bila langkah saya terhenti untuk menggapai impian saya. Karena saya masih muda masih banyak yang ingin saya gapai dalam hal berkarir.

Saya rasa itu adalah sifat alamiah  manusia untuk selalu melihat apa yang dimiliki orang lain. Sedangkan hendaknya kita  melihat apa yang telah kita miliki dan wajib disyukuri. Bila saja nikmat mereka diambil, barulah mereka dapat mengerti dan menghargai nikmat yang selama ini diberikan pada mereka oleh yang Maha Kuasa.

Sifat alamiah manusia sangat mudah untuk iri pada seseorang hanya kerena harta, jabatan, atau bahkan pamor. Rumput tetangga lebih hijau ! tanpa mengenal atau mencari tahu cara perjuangan mereka, batu karang yang harus mereka hadapi, peluh keringat yang harus mereka peras. Ibaratkan melihat seseorang dari dasar anak tangga yang pertama, dan orang tersebut telah sampai di puncak lalu berteriak, “Enak banget sih lu udah sampai di atas sana, sedangkan gue masih di bawah nih. Angkat dong!”. Kesal bukan mendengarnya?

Padahal orang yang sudah berada di puncak tersebut, mungkin saja sudah jatuh terpeleset berkali-kali, mungkin saja ia telah menginjak duri atau digigit ular. Menakutkan? Bagaimana bisa tahu kalau jalannya terjal? Bagaimana bisa tahu kalau belum memulai dan belajar dari orang yang telah mencapai ke puncak itu? Mungkinkah bagi orang yang telah berada di puncak, mengangkat orang tersebut ke atas jika tidak orang itu sendiri yang melangkahkan kakinya ke satu anak tangga ke anak tangga berikutnya?

Saya teringat akan pantun andalan yang sering digunakan saat masih sekolah. Berbunyi,

“Berakit-rakit ke hulu,

Berenang-renang ke tepian.

Bersakit-sakit dahulu,

Bersenang-senang kemudian.”

Memangnya bila kesempatan untuk sukses itu sudah ada di depan muka, apakah sudah siap? Saya yakin sukses akan menggedor pintu tuannya disaat yang tepat, disaat tuannya sudah siap. Lantas, apa yang sebenarnya harus dipersiapkan?

Penulis : Wenny Paulina Monika

Ilustrasi foto : Dr Vidya Hattangadi dan koleksi pribadi Wenny

 

Artikel sebelumnyaThe Wenny talk about today : Menjemput waktu mengejar impian
Artikel selanjutnyaThe Legend “Glenn Fredly” will never end !
I am the owner and founder of SCI MEDIA www.sayacintaindonesia.com. With a strong background as a media writer since 1994 from various magazines and newspapers and an independent writer for non-fiction books I have launched built me to have excellent skill in communication with people. I also have the skill to build corporation and personal images such as being coach for beauty contest and working as Artist Manager. I have experience gathering information to write personal biography books along with speaking at seminars and mentoring young women. I was affiliated with more than 50 organizations mostly about women empowerment I was a leader for some projects in Indonesia Ministries. I handled the PR of my party in the presidential election. I have worked with seminars, workshops, talk shows from various topics such as healthy lifestyle, how to become good writer, and others.