Tips Menjaga Stamina Tubuh Kala Musim Hujan

0
1110

SAYACINTAINDONESIA – Musim hujan di Indonesia saat ini tengah berlangsung. Beberapa orang mungkin senang ketika musim hujan tiba lantaran cuaca menjadi adem dan sejuk. Namun yang perlu di perhatikan saat musim hujan adalah tips menjaga stamina tubuh kala musim hujan. 

Menjaga stamina tubuh saat musim hujan adalah hal penting. Apalagi musim hujan seperti ini rentan tubuh kita terkena penyakit. Sebenernya menjaga stamina dan imun tubuh selama musim hujan dapat dilakukan dengan cara yang mudah, Nah, dibawah ini beberapa tips menjaga stamina tubuh kala musim hujan: 

  1. Perbanyak Minum Air Putih
foto: pixabay

Menurut dokter, air putih sangat di anjurkan untuk banyak di minum selama musim hujan. Minumlah minimal 2liter/hari. Banyak manfaat yang akan di dapatkan ketika mengonsumsi air putih. Saat musim hujan seperti ini, virus atau bakteri akan sangat mudah masuk ke tubuh kita maka tubuh Anda harus di imbangi dengan minum air putih yang banyak agar virus atau bakteri bisa keluar dari tubuh Anda. Air putih dapat mengeluarkan racun atau mendetoks racun dari dalam tubuh. 

2. Konsumsi Makanan Yang Bernutrisi 

foto: pixabay

Saat musim hujan, tubuh kita butuh asupan ektra nutrisi untuk menjaga diri berbagai penyakit. Dengan Anda mengonsumsi makanan yang bernutrisi imun Anda akan kuat dan sistem kekebalan tubuh akan meningkat sehingga virus atau bakteri tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh Anda. Anda dapat mengonsumsi sayur bayam, telur, ikan, susu, dan lain-lain. 

3. Tetaplah Berolahraga 

foto: pixabay

Meski sudah masuk musim hujan, olahraga tak boleh ketinggalan. Untuk menjaga stamina tubuh kala musim hujan Anda bisa lakukan olahraga. Dengan berolahraga badan akan tetap sehat. Dilansir dari kontan.co.id yang mengutip healthline.com, aktivitas fisik saat berolahraga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengalirkan oksigen ke aliran darah, sehingga berdampak langsung ke otak Anda. 

3. Rajin Konsumsi Buah-Buahan

foto: pixabay

Selama musim hujan, Anda juga harus rajin konsumsi buah-buahan. Selama musim hujan, tubuh Anda butuh ekstra vitamin C untuk dapat menjaga daya tahan tubuh. 

Kekurangan vitamin C tentu sangat tidak bagus untuk tubuh, virus atau penyakit akan mudah masuk ke badan Anda. Jadi, Anda butuh vitamin C untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi diri dari penyakit. 

5. Istirahat Yang Cukup 

foto: pixabay

Setelah 4 hal tadi di lakukan, langkah selanjutnya adalah dengan istirahat yang cukup. Walau aktivitas padat ditambah musim hujan, tubuh Anda juga perlu istirahat yang cukup. 

Jika tubuh mendapatkan istirahat yang cukup tentu akan membuat tubuh Anda sehat. Jika sebaliknya, tubuh akan lemas dan Anda pun bisa ikut stress akibat kurang tidur. 

Nah, itu dia 5 Tips Menjaga Stamina Tubuh Kala Musim Hujan. Anda udah coba melakukan belom?