Berbagai buah lokal di Indonesia merupakan buah yang memiliki rasa yang nikmat. Buah-buahan ini merupakan jenis buah tropis. Ternyata berbagai buah lokal ini selain nikmat untuk disantap memiliki banyak manfaat bahkan untuk kesehatan. seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman serta teknologi, ada 3 hal yang merupakan kelebihan buah lokal :
  1. Buah lokal ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan, karena memiliki kandungan gizi serta nutrisi yang baik bagi tubuh kita. Selain itu, kandungan gizi serta nutrisi yang dimiliki buah lokal sudah pasti sesuai dengan komposisi dan kebutuhan kesehatan tubuh kita yang hidup di daerah tropis. Buah lokal yang tumbuh subur di Indonesia tentu memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sudah pasti sangat diperlukan oleh kita yang juga tinggal di negara tropis, Indonesia.
  2. Buah lokal bisa dinikmati atau dikonsumsi lebih fresh atau segar serta alami karena   tidak memerlukan bahan-bahan pengawet, bahkan ada yang bisa di petik dan dikonsumsi langsung dari pohonnya, bisa dibayangkan betapa nikmat dan segarnya, apalagi jika dikonsumsi pada saat musim panas atau kemarau…nikmat. Selain segar, kandungan gizinya lebih terjaga karena tidak melalui berbagai proses yang bertujuan untuk mengawetkan buah tersebut.
  3. Buah lokal umumnya memiliki musim tumbuh tersendiri sehingga saling berkesinambungan dan tentu saja keanekaragaman ini membuat nilai gizi yang diperoleh lebih kaya dan lengkap, atau mungkin sesuai dengan cuaca pada saat itu sehingga kandungan gizinya secara optimal membantu kesehatan kita untuk melewati cuaca tersebut. Meskipun saat ini dimana ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang dengan pesat sehingga banyak buah lokal yang bisa dinikmati sepanjang musim, namun tetap saja ada buah lokal yang unik dan hanya tumbuh di waktu-waktu atau bulan tertentu, dan tentunya tetap ditunggu karena pada musim itu buah melimpah dan harganya tentu lebih murah.

Beberapa Manfaat Buah Lokal Untuk Kesehatan

Buah lokal selain bisa dikonsumsi lebih fresh atau segar, juga mempunyai nilai gizi dan kandungan nutrisi yang kaya, lengkap, dan berkesinambungan sepanjang musim di Indonesia. Namun, ada hal yang lebih penting, yaitu buah lokal ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa buah lokal kenangan masa kecil saya yang ternyata kaya manfaat bagi kesehatan.

Durian seringkali dijuluki sebagai the king of fruits. Di balik bentuknya yang cukup mengintimidasi dan rasanya yang kuat, durian merupakan buah tropis yang kaya akan vitamin C, vitamin A, dan vitamin B6. Daging buah durian juga kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan. Durian juga dapat mengurangi risiko stroke karena kandungan potasiumnya yang tinggi. Fakta menarik lainnya adalah durian ternyata dapat membantu dalam mengatasi depresi. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan vitamin B6 dalam durian yang dapat meningkatkan produksi serotonin, sebuah senyawa yang mampu mengurangi depresi.

2. Buah Sawo.
Sawo adalah salah satu tumbuhan khas Indonesia yang memiliki bentuk bulat dan berwarna coklat. Rasa buah sawo cukup manis dan memiliki kandungan air yang cukup banyak. Sawo kaya akan karbohidrat karena 20% bagiannya terdiri dari gula, selain itu sawo juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta kandungan potasium yang tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, selain itu sawo juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup untuk mencegah penuaan dini akibat radikal bebas.

Tapi ternyata selain memiliki kandungan gizi serta nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh kita, buah sawo ternyata memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh serta mengobati beberapa penyakit, seperti menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan kulit, mengobati diare, mengobati radang mulut dan sariawan, mengobati pendarahan pada luka, mencegah virus dan bakteri dengan zat antioksidan yang dimilikinya, menjaga kesehatan pencernaan, mencegah insomia, penghilang stress, dan beragam manfaat lain bagi kesehatan tubuh kita.

3. Buah Duku.
Umumnya buah duku berbuah setahun sekali, dan tumbuh subur ditempat yang mempunyai curah hujan tinggi. Kandungan yang terdapat dalam buah duku ini adalah protein, karbohidrat, lemak, mineral, kalsium, fosfor, dan juga zat besi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan dalam masyarakat berkembang semacam kepercayaan bahwa mengonsumsi buah bulat kecil dan berdaging kecil bening ini bisa memperlancar buang air kecil. Percaya atau tidak, saya sudah membuktikannya bahwa dengan mengonsumsi buah duku, keinginan untuk buang air kecil meningkat.

Selain itu, buah duku juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya menguatkan gigi, mencegah penyakit kanker dengan kandungan serat yang dimilikinya, mengatasi diare, membantu menurunkan panas tinggi, mengusir nyamuk dengan memanfaatkan kulitnya, dan manfaat lain sesuai dengan kandungan zat gizi didalamnya.

4. Buah Rambutan.
Buah ini sering disebut “si kecil yang kaya manfaat”, dengan kandungan antioksidannya yang sangat besar. Buah berambut dengan kulit merah ini umumnya bisa dijumpai dengan mudah pada setiap musimnya dengan harga yang relatif terjangkau. Buah rambutan ini merupakan salah satu buah favorit saya, karena rasanya yang enak dan lezat. Dahulu, hampir di setiap halaman rumah ditumbuhi pohon rambutan, sehingga untuk menikmatinya tidak perlu repot membelinya. Tapi di masa sekarang rasanya tidak jauh berbeda, pada musim berbuah buah rambutan dengan mudah bisa ditemui di mana-mana dan sebagian besar,dijual,oleh,pedagang,buah,di,pinggi,jalan.

Buah rambutan juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan, diantaranya menjaga tubuh dari berbagai radikal bebas, penurun berat badan yang efektif, penangkal anemia yang ampuh, pencegah kanker, menguatkan sistem imun tubuh, membantu memperlancar fungsi ginjal, mendongkrak energi bagi tubuh dengan kandungan karbohidrat dan protein yang dimilikinya,dan,berbagai,manfaat,lainyangberguna untuk mempertahankan kesehatan dan imunitas tubuh kita.

5. Buah Manggis.
Buah manggis dikenal dengan nama ilmiah Garcinia Mangostana, merupakan pohon cemara tropis yang diyakini berasal dari Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Buah manggis sering dipuja sebagai ratu buah tropis karena manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Buah manggis memiliki tiga bagian utama yaitu kulit ungu, daging yang berwarna putih, dan biji yang ditemukan dalam daging. Manfaat buah manggis sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian ilmiah, selain itu buah manggis dikenal sebagai gudang nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan serta kecukupan gizi, seperti kandungan anti oksidan,anti biotik,dan anti virus yang tinggi.

Untuk kesehatan tubuh, buah manggis memiliki beberapa manfaat, diantaranya mengandung antioksidan yang tinggi yang berfungsi menangkal radikal bebas, kandungan kalori yang rendah, kandungan vitamin C yang cukup tinggi, mampu melancarkan peredaran darah, dan juga kandungan nutrisi yang sangat tinggi untuk mempercantik dan kesehatan kulit dan wajah.

6. Buah Sirsak.
Buah sirsak merupakan salah satu buah favorit saya, rasanya memang yang enak, segar, sedikit asam namun tetap nikmat, bahkan saya lebih suka mengonsumsi buah sirsak yang masih agak mengkal karena dagingnya masih agak keras meskipun tentunya rasa asam lebih terasa. Buah sirsak banyak mengandung senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh,yaitukarbohidrat,kalium,vitaminC,kalsium,air,serat,fosfor,danlemak.

Selain cita rasanya yang nikmat, segar, dan lezat, buah sirsak memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh kita, yaitu untuk menurunkan kolesterol, membantu mengobati hipertensi, menangkal penyakit asam urat, dan manfaat lain yang berfungsi mempertahankan imunitas tubuh kita.

Selain buah-buahan lokal yang telah disebutkan di atas, masih banyak buah lokal yang memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita yang bisa di konsumsi dan di nikmati dengan fresh setiap hari tanpa harus melalui proses pengawetan yang luar biasa rumitnya. Proses ini secara langsung tentu mengurangi atau mungkin menghilangkan beberapa zat kandungan gizinya.

Jambu batu, atau lazim juga disebut jambu biji, jambu siki, dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari brazil dan disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu yang juga memiliki nama populer yaitu Guava Crystal, diketahui memiliki konsentrasi tinggi yang disebut senyawa lycopene atau zat antioksidan yang mampu melawan kanker prostat. Selain itu, kandungan nutrisi dan zat gizinya baik juga untuk penderita diabetes karena terbukti mampu mengurangi penyerapan gula dalam darah.

7. Jambu air
Selain jambu biji, Indonesia juga memiliki jambu jenis lain yang tak kalah lezatnya, yaitu jambu air. Sesuai dengan namanya, jambu air merupakan buah yang berair dan menyegarkan. Jambu air mengandung vitamin C dan protein nabati yang tinggi, sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit. Kandungan vitamin C dan serat jambu air juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.
8.Belimbing
Ada satu buah lokal Indonesia yang berbentuk bintang, yaitu belimbing. Buah yang satu ini memiliki rasa yang sangat segar sehingga tidak mengherankan banyak yang menyukai belimbing dalam bentuk jus. Buah belimbing merupakan buah yang kaya zat antioksidan bernama flavonoid. Flavonoid sangat bermanfaat dalam menangkal radikal bebas, sehingga dapat mencegah kulit dari gejala-gejala penuaan dini seperti timbulnya kerutan-kerutan halus dan flek. Belimbing juga sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat karena mengandung zink yang dapat mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat.

9. Buah Kedondong
buah dengan biji berduri ini berasal dari belahan timur Indonesia. Di dunia internasional, buah dengan kedahsyatan rasa masamnya disebut dengan nama Ambarella. Pada awal abad 20, kedondong diperkenalkan ke mancanegara, mulai dari Australia sampai Jamaica. Bahkan, kedondong sempat ditanam juga di Florida, tapi kelihatannya orang Amrik belum ngeh dengan buah rujak ini.   Pernahkah anda merasakan buah yang satu ini, buah yang mempunyai rasa yang asam, cocok untuk di petis. buah kedondong ini banyak kita jumpai di daerah-daerah pelosok indonesia. namun buah ini memiliki banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. kedondong selain banyak kandungan gizinya, hargannya pun relatif terjangkau dan mudah untuk kita dapatkan.

  • Buah Kedondong Sebagai Obat Batuk Alami
    Untuk mengobati batuk, gunakan 3 buah kedondong yang telah dicuci bersih. Lalu parut dan peras airnya tanpa ditambahkan air. Berikan sedikit garam pada air perasan dan ramuan siap utnuk diminum 2 kali sehari.
  • Buah Kedondong Untuk Anemia
    Kandungan zat besi dalam 100 gram buah kedondong mencapai 30 mg, dapat membantu proses pembentukan sel darah merah.
  • Buah Kedondong Untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Tubuh
    Kaya akan kandungan vitamin C yaitu 30-50 mg dalam 100 gram buah kedondong sehingga rajin mengkonsumsi buahnya dapat membantu proses regenerasi kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen yang berperan penting dalam elastisitas kulit. Selain itu, vitamin C juga bersifat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas.

10. Buah Salak

Salak disebut dengan sebagai Snake Fruit karena kulitnya yang bersisik. Buah ini asli berasal dari Indonesia, bahkan salah satu variannya,   salak condet, menjadi Identitas kota Jakarta. Ada aneka macam rasa salak, mulai dari yang manis, sepat, asam, atau gabungan keempatnya. Sayangnya, banyak yang mengira buah ini berasal dari Thailand atau Malaysia, bukan Indonesia.

1. Kandungan Gizi Buah Salak
Selain memiliki bentuk yang unik dan rasa yang manis dan asam, ternyata buah salak juga memiliki banyak kandungan gizi yang cukup lengkap. Setiap 100gr buah salak mengandung energi sebesar 368 kilikalori, protein 0,8 gram, karbohidrat 90,3 gram, lemak 0,4 gram, kalsium 38 miligram, fosfor 31 miligram, zat besi 3,9 miligram. Selain itu  didalam sebuah salak juga mengandung vitamin Csebesar 8,4 miligram.
2. Manfaat Kesehatan Buah Salak
Dengan kandungan gizi yang cukup lengkap, tidak mengherankan apabila buah salak memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Manfaat yang didapat bagi yang mengonsumsi buah salak antara lain:
Meningkatkan Kecerdasan Otak
Penelitian juga mengungkapkan bahwa salak diklam mampu meningkatkan kinerja otak karena kandungan pottasium dan pektin. Pottasium dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom, yang merupakan pengendali detak jantung, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan fungsi fisiologi lainnya. Brdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan bahwa jurnal “Intregative Center Therapies” kandungan salak berupa pektin dapat mencegah dan mengobati kanker prostat.
Menjaga Kesehatan Mata
Buah salak mengandung betakaroten yang efektif untuk memelihara dan menjaga kesehatan mata. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan betakaroten buah salak lebih besar 5,5 kali daripada buah mangga, dan 5 kali lebih besar daripada semangka. Jika anda bosan dengan Jus Wortel, maka Jus Salak bisa menjadi alternative anda dalam menjaga kesehatan mata anda.
Mencegah Sembelit
Ada mitos yang berkembang bahwa jika mengonsumsi buah salak maka akan mengakibatkan susah untuk BAB. Padahal mitios tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurut F.X Wahyurin Mitano, ahli gizi dari RSUD dr Soetomo mengatakan bahwa sebaiknya ketika mengonsusmsi buah salak jangan anda buang kulit arinya. Sebab kulit ari dalam buah itu adalah mengandung serat, kandungan serat itulah yang memungkinkan untuk mengurangi sembelit pada anda mengonsumsi buah salak. Salak juga memiliki kandungan tanin yang dikenal sebagai anti diare.
Membantu Progran Diet
Kandungan serat yang tinggi pada buah salak akan membantu anda merasakan kenyang lebih lama, sehingga dapat menghindarkan anda untuk makan porsi yang lebih besar. Buah salak baik dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.
11.KECAPI
Kecapi diperkirakan berasal dari indocina dan semenanjung Malaya. Berabad-abad yang silam, tumbuhan ini dibawa dan dimasukkan ke India, Indonesia (Borneo,Maluku,Tapanuli), Mauritius dan Filifina, di mana tanaman buah ini kemudian menjadi populer, ditanam secara luas dan mengalami naturalisasi, dalam bahasa Batak disebut sotul
Pohon ini ditanam terutama karena diharapkan buahnya, yang berasa manis atau agak masam. Kulit buahnya yang berdaging tebal kerap dimakan dalam keadaan segar atau dimasak lebih dulu, dijadikan manisan atau marmalade.
Kayu kecapi bermutu baik sebagai bahan konstruksi rumah, bahan perkakas atau kerajinan, mudah dikerjakan dan mudah dipoles.
Berbagai bagian pohon kecapi memiliki khasiat obat. Rebusan daunnya digunakan sebagai penurun demam. Serbuk kulit batangnya untuk pengobatan cacing gelang. Akarnya untuk obat kembung, sakit perut dan diare serta untuk penguat tubuh wanita setelah melahirkan.
Kecapi ada dua macam, yakni dengan daun tua sebelum gugur berwarna kuning dan yang berwarna merah. Dahulu, kedua varietas ini dianggap sebagai spesies yang berbeda (Sandoricum indicum berdaun kuning dan S. nervosum berdaun merah).

Kandungan Nutrisi Buah Kecap

Dibalik sulit mendapatkan dan juga sulit saat membuka kulit buah ketika mau mengonsumsinya, ternyata buah sentul alias kecapi ini menyimpan berbagai khasiat yang bermanfaat bagi tubuh kita. Dalam 100 gr buah sentul, memiliki komposisi kandungan nutrisi sebagai berikut :

  • Vitamin C sampai 14 gr
  • Total karbohidrat 13,7 gr
  • Kandungan kalsium hingga 11 gr
  • Serat sampai 1,1 gr
  • Lemak sebanyak 1 gr
  • Protein sejumlah 0,7 gr
  • Abu sebanyak 0,7 gr
  • Kalium sebanyak 328 mg
  • Fosfor sejumlah 20 mg
  • Zat besi sampai 1,2 mg
  • Kalori sebesar 247 KJ
  • Air

Manfaat Buah Kecapi

Setelah kita mengetahui mengenai beberapa kandungan yang tersedia dalam buah kecapi. Saatnya kita untuk mengetahui mengenai manfaat dari buah ini. Sebenarnya ada cukup banyak manfaat yang bisa diperoleh dari buah ini, salah satunya adalah untuk dikonsumsi langsung, dijadikan manisan, selai, jelly marmelade, pengharum alami, dan chutney.

Sementara itu dalam hal kesehatan kecapi juga memiliki kandungan zat polifenol. Zat polifenol inilah yang dipercaya bisa mencegah resiko terkena kanker dan penyakit jantung. Tak hanya itu, juga diyakini bisa mencegah kepikunan dini atau Alzheimer.

Tanaman kecapi ini banyak tumbuh di bekasi bahkan sempat disebut maskotnya kota Bekasi, tanaman ini menyukai daerah dengan musim kering yang panjang. Tumbuh baik di daerah yang curah hujannya merata, pada tanah liat atau tanah liat berpasir hingga ketinggian 1000 m di atas permukaan laut.

12.BUAH NAGA

Belakangan ini, buah naga telah berhasil menjadi idola bagi para pecinta buah. Hal ini kemudian membuat banyak petani kita yang beralih dari tanaman buah lain ke buah naga. Rasanya yang manis membuat dirinya dicintai oleh masyarakat. Selain rasanya manis, buah naga juga mengandung banyak kandungan gizi yang baik bagi kesehatan.

Buah naga sendiri merupakan buah yang memiliki beberapa jenis. Dua jenis buah naga yang paling terkenal adalah buah naga merah dan buah naga putih. Kandungan kedua jenis buah naga tersebut hampir sama yaitu sama-sama mengandung protein, serat, zat besi, vitamin dan lain-lain. Dengan kandungan-kandungan tersebut, tak heran jika buah naga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Berikut akan saya jelaskan mengenai manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh manusia.
Menurunkan Kolesterol
Manfaat buah naga yang pertama adalah sebagai penurun kolesterol. Buah naga merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin B3. Kandungan vitamin B3 di dalam buah naga mampu membuat kolesterol jahat dalam tubuh menjadi turun. Selain itu, kandungan vitamin B3 juga mampu membuat tekanan darah tetap dalam keadaan normal.
Baik untuk Diet
Buah naga mengandung vitamin yang lengkap sehingga sangat baik dimakan oleh anda yang sedang menjalankan program diet. Kandungan vitamin dalam buah naga mampu membuat tubuh anda tetap stabil saat anda menekan makanan demi mendapat bentuk tubuh yang proporsional. Ingatlah bahwa diet yang baik adalah diet yang masih memperhatikan suplai vitamin dan mineral dalam tubuh.

sumber : fruitstorelocal.blogspot.com

Artikel sebelumnyaPlesir ke Jeju Island, Korea Selatan
Artikel selanjutnyaKetika Jokowi disoraki Presiden dua periode
I am the owner and founder of SCI MEDIA www.sayacintaindonesia.com. With a strong background as a media writer since 1994 from various magazines and newspapers and an independent writer for non-fiction books I have launched built me to have excellent skill in communication with people. I also have the skill to build corporation and personal images such as being coach for beauty contest and working as Artist Manager. I have experience gathering information to write personal biography books along with speaking at seminars and mentoring young women. I was affiliated with more than 50 organizations mostly about women empowerment I was a leader for some projects in Ministry of Women Empowerment. I handled the PR of my party in the presidential election. I have worked with seminars, workshops, talk shows from various topics such as healthy lifestyle, how to become good writer, and others.