Pernahkah Anda merasa sangat berat dan enggan melakukan sesuatu? seperti mandi, makan maupun aktivitas yang lain? Hati-hati jika gejala seperti itu melanda Anda. Bisa jadi Anda terkena sindrom malas. Malas sebenarnya merupakan salah satu penyakit mental. Malas juga dapat menghilangkan motivasi Anda ketika akan melakukan sesuatu. Malas adalah suatu sikap dimana seseorang enggan atau tidak mau melakukan sesuatu karena dalam pikirannya tidak ada keinginan untuk melakukan hal tersebut. Bagi Anda yang ingin menjadi pribadi yang lebih baik sikap malas sangat berbahaya dan harus Anda waspadai  karena kesuksesan tidak akan pernah menghampiri orang yang malas.

Berikut ini adalah ciri-ciri orang yang malas yang perlu Anda waspadai:

  1. Selalu menunda-nunda pekerjaan

  2. Menggantungkan diri pada orang lain

  3. Enggan melakukan aktivitas sehari-hari seperti mandi dan makan

  4. Penampilan berantakan

  5. Menyerah sebelum berusaha

  6. Menghindari dan membiarkan peluang

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah malas itu ada penyebabnya atau mungkin hanya karena sikap dan pola pikir kita? Sebenarnya sikap malas terjadi karena beberapa sebab diantaranya:

1. Makan berlebihan

Rasa malas sering sekali menyerang orang yang kekenyangan. Kelebihan karbohidrat dalam tubuh akan membuat perut terasa sakit dan pastinya Anda akan beristirahat untuk menghilangkan rasa sakit tersebut. Ketika Anda beristirahat seringkali hal ini justru membuat Anda enggan atau malas untuk melanjutkan aktivitas.

2. Terlalu banyak pertimbangan

Pernahkah Anda sangat bersemangat dalam melakukan sesuatu namun akhirnya gagal karena terlalu banyak pertimbangan? Menimbang-nimbang sebelum melakukan sesuatu memang baik, namun jika Anda terlalu banyak pertimbangan justru akan membuat Anda takut untuk mencoba hal yang baru karena Anda terlalu malas untuk berfikir dan menghadapi tantangan baru.

3. Tidak mempunyai tujuan hidup

Orang yang tidak mempunyai tujuan hidup pastilah enggan melakukan sesuatu karena tidak tahu untuk apa dan siapa dia hidup.

4. Sosialisasi

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Anda yang memiliki jiwa sosial yang tinggi cenderung terlibat dalam banyak aktivitas dan kegiatan, sedangkan Anda yang kurang berjiwa sosial ataupun kurang bersosialisasi akan malas melakukan sesuatu yang berhubungan dengan sosial atau orang lain.

5. Faktor lingkungan

Faktor lingkungan juga sangat mempengaruhi sifat malas Anda. Jika Anda berada dilingkungan orang yang malas melakukan aktivitas pastilah lama kelamaan Anda juga akan menjadi orang yang malas seperti teman-teman dilingkungan Anda.

Agar menjadi seseorang dengan pribadi yang lebih baik tentulah harus menghindari rasa malas ini karena siapapun yang malas pasti tidak akan pernah sukses dan berhasil dalam kehidupannya. Padahal orang yang sukses adalah orang yang selalu berusaha, memiliki keyakinan, kemandirian dan optimisme yang tinggi. Rasa malas berhubungan dengan keengganan untuk melakukan sesuatu. Keengganan tersebut tercipta karena pikiran kita mengisyaratkan tubuh kita agar tidak melakukan sesuatu. Apakah yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan rasa malas yang melanda dan secara otomatis menghambat kesuksesan kita?

Tentunya bisa, karena rasa malas tercipta dari pola pikir kita sendiri, sehingga untuk menghilangkan rasa malas Anda harus memprogram pikiran Anda Agar keluar dari rasa malas tersebut. Namun lagi-lagi mengubah pola pikir dan sifat serta kebiasaan kita bukanlah sesuatu yang mudah. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk mengubah kebiasaan diperlukan niat dan keyakinan yang mantap. Tetapi Sekarang ada solusi praktis yang dapat membantu Anda mengatasi permasalahan tersebut, yakni dengan Terapi Gelombang Otak.

Sumber tulisan : Pusat Terapi Gelombang Otak ( Terapi Gelombang Otak Mengeksplorasi dan Mengoptimalkan fungsi otak )

.

Artikel sebelumnyaSEPEKAN ACARA DALAM LENSA
Artikel selanjutnyaMenyoal politik, negara, keluarga dalam kacamata perempuan.
I am the owner and founder of SCI MEDIA www.sayacintaindonesia.com. With a strong background as a media writer since 1994 from various magazines and newspapers and an independent writer for non-fiction books I have launched built me to have excellent skill in communication with people. I also have the skill to build corporation and personal images such as being coach for beauty contest and working as Artist Manager. I have experience gathering information to write personal biography books along with speaking at seminars and mentoring young women. I was affiliated with more than 50 organizations mostly about women empowerment I was a leader for some projects in Ministry of Women Empowerment. I handled the PR of my party in the presidential election. I have worked with seminars, workshops, talk shows from various topics such as healthy lifestyle, how to become good writer, and others.