LEBARAN SEBENTAR LAGI !

0

Lebaran sebentar lagi….Berpuasa sekeluarga, sehari penuh yang sudah besar setengah hari yang masih kecil ( Bimbo )

Anda dan keluarga bersiap untuk menyambut Lebaran bersama keluarga besar di luar kota Jakarta atau kota besar lain yang menjadi tumpuan hidup ? Pulang kampung atau mudik merupakan tradisi dari tahun ke tahun. Bila anda salah satu pelaku pulkam atau mudik, sudahkah anda mempersiapkan segala sesuatunya agar perjalanan pulkan atau mudik aman, selamat dan nyaman ? Tentu anda tidak ingin terhalang segala hal selama perjalanan, demi dapat berkumpul bersama keluarga besar satu tahun sekali.

Yuk kita simak satu persatu !

  1. Tentukan budget

Anda sudah menerima THR ( Tunjangan Hari Raya ) ? coba anda anggarkan berapa besar biaya yang mesti dikeluarkan saat mudik. Dari mulai harga tiket atau bila naik kendaraan pribadi biaya bensin dan masuk jalan tol, berhenti di rest area untuk istirahat, makanan yang diperlukan selama perjalanan (apalagi bila bersama anak-anak ), oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman, dan juga biaya selama di kampung halaman tentunya. Jangan sampai sehabis lebaran uang habis sehingga anda pusing membayar tagihan rutin bulanan. Bila anda terbiasa menabung maka langkah tersebut adalah yang terbaik !

2. Persiapkan fisik dan mental

Mudik membutuhkan stamina yang baik. Karena kita akan menempuh perjalanan diluar batas kebiasaan. Jangan mendadak bila ingin mudik, karena anda mungkin akan terburu-buru mempersiapkan segala sesuatunya. Musim kemarau saat ini membuat perjalanan mudik terasa lelah karena cuaca panas. Bentengi tubuh sebelum mudik dengan asupan vitamin dan makanan yang seimbang gizinya agar tidak ambruk jatuh sakit pada hari H. Mental ? anda tahu jalanan sepanjang perjalanan mudik pasti dihiasi kemacetan. Jaga agar emosi anda tidak mudah terpancing. Juga harus sabar ketika si kecil rewel ( bila anda membawa anak-anak ). Jangan biarkan nikmat mudik hancur karena kondisi mental anda tidak baik.

3. Kondisi Kendaraan

Bila mudik menggunakan kendaraan pribadi, pastikan keadaan kendaraan baik motor ataupun mobil sudah sesuai dengan standar. Sebaiknya sebelum hari H servis kendaraan di bengkel resmi agar bisa diperiksa secara menyeluruh. Persiapkan pula peralatan. Hal ini berfungsi ketika mobil atau motor mengalami masalah saat perjalanan menuju kampung halaman.  Dongkrak, tang, kunci pas, obeng, senter, ban cadangan, dan alat-alat bantu kendaraan lainnya harus tersedia dalam satu tempat dan mudah diraih dalam kondisi kepepet.

  1. Peralatan Kesehatan atau Kotak P3K

Bila anda atau keluarga dalam kendaraan memiliki penyakit tertentu ( asma misalnya ) maka jangan lupa untuk membawa peralatan dan obat-obatan yang biasa anda gunakan. Obat standar lainnya seperti  minyak angin, obat anti mabuk, obat luka antiseptik, obat diare, perban, kapas, tissue, cairan pembersih, dan obat sakit kepala adalah obat yang harus ada dalam kotak p3k.

  1. Hiburan

Bawalah bantal untuk menyangga bagian tubuh yang ellah seperti leher dan kepala atau pinggang. Bergiliran menyetir kendaraan adalah langkah bijak saat mudik agar tidak terlalu lelah. Camilan sehat dan mudah dikonsumsi ( saya cenderung membawa buah-buahan seperti pisang atau apel ) berikut air mineral merupakan teman setia perut anda sebelum anda berhenti untuk makan berat di rest area. Bila menggunakan mobil, siapkan beberapa CD lagu-lagu untuk menemani perjalanan, agar tidak bosan atau mengantuk. Hati-hati jangan menggunakan handphone bila anda menyetir. Biarkan handphone anda istirahat sejenak sampai posisi anda stop menyetir. Siapkan baju cadangan yang mudah dijangkau karena anda selama perjalanan tidak mandi.

Dan yang terakhir dan tak kalah penting, sebelum mesin mobil dinyalakan….berdoa untuk keselamatan anda dan seluruh penumpang. Selamat bermaaf-maafan !

foto : Ayi dan Vaya

 

Artikel sebelumnyaPasangan Zodiac paling ideal, apakah anda termasuk ?
Artikel selanjutnyaUnggul dari Maladewa, Indonesia menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB 2019-2020
I am the owner and founder of SCI MEDIA www.sayacintaindonesia.com. With a strong background as a media writer since 1994 from various magazines and newspapers and an independent writer for non-fiction books I have launched built me to have excellent skill in communication with people. I also have the skill to build corporation and personal images such as being coach for beauty contest and working as Artist Manager. I have experience gathering information to write personal biography books along with speaking at seminars and mentoring young women. I was affiliated with more than 50 organizations mostly about women empowerment I was a leader for some projects in Indonesia Ministries. I handled the PR of my party in the presidential election. I have worked with seminars, workshops, talk shows from various topics such as healthy lifestyle, how to become good writer, and others.