Unggul dari Maladewa, Indonesia menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB 2019-2020

0
Suasana Pemilihan Suara Anggota Tidak Tetap DK PBB

Indonesia mendapatkan dukungan lebih dari 2/3 anggota PBB ( Perserikatan Bangsa-Bangsa ) dalam memperebutkan kursi menjadi anggota tidak tetap Dewan keamanan PBB bersama-sama dengan Jerman, Belgia, Afrika Selatan dan Republik Dominika, untuk periode tahun 2019-2020.

Indonesia unggul dalam voting yang hasilnya dibacakan oleh Presiden Majelis Umum PBB, Miroslav Lajcak  yang berlangsung secara rahasia itu hari Jumat (8/6). Sedangkan Maladewa  yang merupakan saingan dari Indonesia mendapatkan suara sebanyak 46 dan Indonesia 144  ( dari total 190 suara ).

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, yang menggelar konferensi pers seusai penetapan tersebut di ruang utama General Assembly Hall, Markas Besar PBB, New York, dalam pidatonya menyatakan, terpilihnya Indonesia merupakan hasil kerja keras seluruh komponen bangsa, khususnya para Diplomat Indonesia. “Langkah Indonesia untuk menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB adalah wujud dari prioritas polugri Indonesia, yaitu meningkatkan peran Indonesia di tingkat global,”

Menlu RI Retno Marsudi memaparkan empat fokus Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB. “Pertama, memperkuat ekosistem perdamaian dan stabilitas global. Indonesia akan mendorong budaya “habit of dialogue” dalam penyelesaian konflik. Indonesia juga meningkatkan kapasitas pasukan perdamaian PBB, termasuk peran perempuan,”papar Retno. “Kedua, Indonesia juga akan berupaya meningkatkan sinergi antara organisasi di kawasan dengan DK PBB dalam menjaga perdamaian. Ketiga, dalam menghadapi tantangan bersama masyarakat Internasional dari terorisme dan ekstremisme, Indonesia akan mendorong terbentuknya global comprehensive approach untuk memerangi terorisme, radikalisme dan esktrimisme,” tandasnya. “Keempat, Indonesia juga akan mendorong kemitraan global agar tercapai sinergi antara penciptaan perdamaian, keamanan dan kegiatan pembangunan berkelanjutan. Kemitraan Global yang kuat dalam menciptakan perdamaian, keamanan dan stabilitas, tentunya akan berkontribusi pencapaian agenda pembangunan PBB 2030,” demikian Retno mengungkapkan dalam pidatonya.

Dewan Keamanan memiliki lima anggota tetap dan 10 anggota yang dipilih majelis untuk masa jabatan dua tahun. Lima negara dipilih sebagai anggota tidak tetap setiap tahun. Syarat agar kandidat dapat terpilih dalam proses voting itu adalah harus berhasil mengumpulkan 127 suara atau dua pertiga dari anggota tetap PBB. Dan, suara yang dikumpulkan oleh kandidat harus melebih negara saingan dalam satu grup yang sama.

“Kita akan berperan melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” kata Preseiden Jokowi seperti dikutip dari situs setkab.go.id, Sabtu (9/6/2018).

 

Ayi -dari berbagai sumber

 

 

 

 

 

 

 

Artikel sebelumnyaLEBARAN SEBENTAR LAGI !
Artikel selanjutnyaGOYAN CAMPBELL
I am the owner and founder of SCI MEDIA www.sayacintaindonesia.com. With a strong background as a media writer since 1994 from various magazines and newspapers and an independent writer for non-fiction books I have launched built me to have excellent skill in communication with people. I also have the skill to build corporation and personal images such as being coach for beauty contest and working as Artist Manager. I have experience gathering information to write personal biography books along with speaking at seminars and mentoring young women. I was affiliated with more than 50 organizations mostly about women empowerment I was a leader for some projects in Indonesia Ministries. I handled the PR of my party in the presidential election. I have worked with seminars, workshops, talk shows from various topics such as healthy lifestyle, how to become good writer, and others.