Imelda Budiman – Konsisten mempromosikan Indonesia

1
Imelda Budiman, Mrs Indonesia World

Imelda Budiman, Mrs Indonesia World, Wanita karir sekaligus ibu rumah tangga yang tetap konsisten mempromosikan Indonesia di mata dunia selama belasan tahun

Saat masih kuliah, Imelda sudah merintis usaha yang diberi nama Imelda & Associates, usaha di bidang event organizer dan MC untuk acara pernikahan maupun acara lainnya.

Setelah lulus kuliah, Imelda kemudian bekerja di perusahaan PT Astra International. Setelah menikah, ia bersama sang suami kemudian pindah ke Amerika Serikat, berawal di North Carolina (4 tahun) kemudian pindah ke Colorado (11 tahun) dan sejak tahun 2015 hingga saat ini ia bersama keluarga menetap di Houston, Texas

Saat masih di Colorado, ia bekerja di perusahaan real-estate di Denver Tech Center, selama lebih dari 6 tahun, namun naluri bisnisnya mendorongnya untuk memulai bisnis baru di tahun 2014.

Imelda bersama temannya mendirikan Nusan TV yang merupakan saluran internet protokol televisi Indonesia pertama yang berada di Amerika Serikat,

Imelda juga merupakan seorang instruktur zumba bersertifikat. Zumba adalah tarian aerobik yang diinspirasi dari gerakan-gerakan tarian Latin. Sejak masih duduk di bangku taman kanak kanak Imelda sudah belajar berbagai tarian daerah, terutama tari Bali.

Imelda Budiman Mrs Indonesia World
Imelda Budiman dalam acara “Indonesia & Colombia Cultural Exchange event” di KJRI Houston (Photo, dok. pribadi)

Rasa cintanya terhadap budaya Indonesia membuat Imelda aktif untuk memperkenalkan Indonesia beserta keanekaragaman budayanya di Amerika.

Bersama dengan Arcinda (Art and Cultural of Indonesia), Imelda selalu rutin dan konsisten memperkenalkan budaya Indonesia baik melalui tarian, musik, pagelaran seni dan berbagai cara lain nya di berbagai daerah di Amerika.

Imelda Budiman tidak hanya cantik, penuh talenta dan santun, namun ia juga seorang istri dan ibu dari Samantha, Sabrina dan Dylan yang penuh dedikasi pada keluarga.

Karena kepiawaian nya sejak masa kuliah, Imelda sering dipercaya sebagai MC dalam acara Diaspora Indonesia di luar negeri, mulai dari acara Diaspora Indonesia di New Orleans (tahun 2014 dan tahun 2016) hingga acara Indonesia Night at World Economic Forum di Davos Switzerland (Januari 2016).

Selama di Houston, Imelda aktif sebagai goodwill ambassador untuk berbagai kegiatan penggalangan dana, mulai dari Night of Superstars, yaitu fundraising events untuk anak anak cacat yang berprestasi, Pink Door – Acara fundraising untuk wanita pengidap kanker, supaya bisa kembali membangun keluarga, serta berbagai macam program charity lainnya.

Pada November 2013 Imelda mengikuti acara Miss/ Mrs. Asia USA yang diadakan di Redondo Beach Performing Arts Center California. Berbekal kecantikan, kepemimpinan dan kemampuannya untuk mempengaruhi dan menginspirasi banyak orang, Imelda Budiman meraih predikat runner up Mrs. Asia USA 2013.

Karena aktif dan konsisten untuk terus memperkenalkan budaya Indonesia serta konsistensinya dalam kegiatan sosial dan pelayanan masyarakat, Virgelia Production (penyelenggara Mrs Asia USA) kemudian memilih Imelda untuk mengikuti ajang Mrs. World (2014).

Mrs. World adalah ajang Pageant atau biasa disebut kontes kecantikan untuk memberikan penghargaan terhadap wanita menikah yang berprestasi, khususnya bagi mereka yang memberikan inspirasi atas pelayanannya terhadap masyarakat luas.

Meskipun ajang Mrs World ini sudah berjalan lebih dari 30 tahun, namun Indonesia belum pernah mengirimkan wakilnya.

Kontes ini diadakan di Solomon Island, Maryland Amerika Serikat (November 2014) Imelda merupakan perwakilan Indonesia  pertama yang mengikuti kontes untuk wanita menikah yang berskala International ini. Dalam event ini Imelda terpilih sebagai finalis

Sejak tahun 2014 lalu, Imelda mendirikan “Imelda Productions” sebuah rumah produksi yang memproduksi berbagai program dan acara televisi yang direkam di Amerika namun berbahasa Indonesia. Ia berharap suatu saat bisa menjali kerjasama dengan pihak pertelevisian swasta di Indonesia.

Di tanah air, Imelda juga aktif memberikan bantuan sosial bagi anak-anak penghuni Panti Asuhan Elfatan, yang berlokasi di Duren Sawit, Jakarta. Yayasan Elfatan merupakan panti asuhan yang mengurus anak-anak tunanetra dan berkebutuhan khusus.

“Kami terpanggil untuk membantu yayasan Elfatan selama 6 tahun ini. Dana bantuan ini merupakan hasil dari kegiatan bazar kuliner Indonesia di Amerika,” kata Imelda saat mengunjungi Panti Asuhan Elfatan

Mrs Indonesia World, Imelda Budiman juga ikut mempromosikan destinasi wisata tanah air, salah satunya melalui keterlibatannya dalam sebuah film berjudul ‘Elang’ yang menceritakan tentang keindahan kepulauan seribu dan kehidupan masyarakatnya

Selain sebagai Executive Producer, Imelda juga terlibat sebagai salah satu pemeran dalam film tersebut, Imelda berperan sebagai Ibunda dari Nabila.

Sampai dengan saat ini, Imelda masih terus aktif mengenalkan budaya Indonesia melalui bazaar Makanan Indonesia tahunan, yang ia lakukan bersama Riverside Indonesian Fellowship & Global Refuge Internasional.

Pengenalan budaya melalui makanan ini ia anggap sangat efektif, karena 90% pelanggannya adalah orang Amerika dan mereka sangat menyukainya.

Imelda Budiman menjadi Inspirasi bagi banyak orang untuk selalu mencintai Indonesia dan memperkenalkan Indonesia dimata dunia

  • Ryan Xtrada

    Maju terus indonesia !