SAYACINTAINDONESIA — Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, Central of Disease Control (CDC) telah memperingatkan bahwa “bahkan jika Anda telah divaksinasi terhadap COVID-19, hindari naik kapal pesiar.”

Menurut Bloomberg News pada tanggal 30 Desember (waktu setempat), CDC menaikkan peringatan perjalanan kapal pesiar ke Level 4, level tertinggi, dan merekomendasikan untuk menghindari perjalanan kapal pesiar sebanyak mungkin.

CDC menjelaskan bahwa keputusan tersebut mencerminkan kenyataan bahwa jumlah kasus infeksi COVID-19 setelah naik kapal pesiar meningkat pesat karena mutasi Omicron mulai menyebar, dan risiko infeksi tinggi karena jarak yang tidak memadai antara anggota awak dan penumpang.

Faktanya, baru-baru ini di Amerika Serikat, karena jumlah kasus infeksi di kapal pesiar terus berlanjut, menjadi lebih umum bagi penumpang untuk dikarantina di kabin mereka atau menolak memasuki pelabuhan di pelabuhan. Menurut CDC, kasus COVID-19 telah dilaporkan pada 88 kapal pesiar yang telah beroperasi dengan penumpang di perairan AS sejauh ini.

Setelah rekomendasi CDC, harga saham operator kapal pesiar seperti Carnival, Royal Caribbean dan Norwegian Cruise Line anjlok.

Asosiasi Internasional Cruise Line mengatakan, “Kami mengikuti aturan karantina yang ketat, dan hanya ada sejumlah kecil kasus.” “Tidak ada lingkungan yang kebal dari virus ini,” tambahnya. 

Melalui pernyataan tersebut, pihak CDC memberi peringatan kepada semua orang bahwa kapal pesiar merupakan salah satu media penyebaran COVID-19 paling mudah dan cepat. Maka dari itu, lebih baik hindari naik transportasi kapal pesiar untuk bepergian.

Sumber: Bloomberg News

Gambar: Unsplash