SAYACINTAINDONESIA – Kalkulus atau karang gigi adalah masalah kesehatan gigi yang kerap kali dianggap remeh oleh kebanyakan masyarakat. Padahal, keberadaan karang gigi yang tidak dibersihkan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan penyakit gigi dan mulut yang serius.

Guna mencegah hal-hal tersebut terjadi, ada baiknya anda mengetahui lebih dahulu penyebab terbentuknya karang gigi dan bagaimana cara mencegahnya.

Penyebab dan Bahaya

Terbentuknya karang gigi disebabkan oleh penumpukan plak pada gigi yang dibiarkan terlalu lama dan tidak segera dibersihkan. Adapun penyebabnya adalah sebagai berikut :

  1. Tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut. Misalnya jarang menyikat gigi atau membersihkan gigi dengan benang gigi
  2. Kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung terlalu banyak gula
  3. Kebiasaan merokok dan mengonsumsi minumam beralkohol
  4. Kondisi mulut kering. Biasanya terjadi karena efek samping obat-obatan; penyakit autoimun, dan gangguan tiroid

Kemudian, kalkulus sendiri pada dasarnya tidak memiliki gejala yang spesifik. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang jadi menyepelekan keberadaannya. Nyatanya, ada beberapa penyakit gigi dan mulut yang menanti akibat penumpukan plak ini. Di antaranya seperti gingivitis dan periodontitis

Cara Pencegahannya

Menjaga kebersihan gigi sudah seharusnya dilakukan sejak dini. Dengan kebiasaan merawat gigi sejak dini tentu akan membawa dampak positif pada kondisi gigi di masa mendatang. Salah satunya adalah meminimalisir keberadaan karang gigi.

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegahnya :

  1. Konsisten menyikat gigi
  2. Upayakan menggunakan benang gigi dan obar kumur
  3. Minimalisir konsumsi gula
  4. Pastikan selalu minum air putih yang cukup
  5. Hindari rokok dan minuman beralkohol

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur memiliki karang gigi ? Anda tidak perlu khawatir, anda hanya perlu melakukan prosedur scaling gigidi klinik gigi atau pada fasilitas kesehatan yang ada. Hal ini dilakukan karena menggosok gigi saja tidak cukup efektif untuk menghilangkannya. Biasanya, prosedur scaling gigi ini dianjurkan untuk dilakukan setiap enam bulan sekali guna tetap menjaga kebersihan gigi.

Klik di sini untuk artikel informatif lainnya.

Sumber : Alodokter.com