Siapa bilang Amerika Serikat tidak punya taman bunga seperti kebanyakan negara-negara Eropa ? Tentu punya ! salah satunya bernama Longwood Gardens yang terletak di negara bagian Pennsylvania tepatnya di kota Philadelphia, di wilayah 1001 Longwood Rd, Kennett Square.

Dibangun pada tahun 1914 oleh bangsawan terkaya sepanjang abad 19 yaitu  Pierre S. du Pont. The Du Pont family adalah keluarga Amerika keturunan Pierre Samuel du Pont de Nemours ( hidup antara tahun 1739 – 1817 ). Sir Du Pont meninggalkan Europe tahun 1799 ke Amerika.  Awalnya ia membangun bisnis yaitu serbuk mesiu atau gunpowder. Bisnis gunpowder berkembang hingga memproduksi dinamit, cat, plastik dan material lainnya yang berpengaruh pada industri Nylon, Kevlar dan Teflon. Tak heran mereka merupakan keluarga terkaya sepanjang abad 19 hingga turun temurun. Keluarga Du Pont juga memiliki andil besar dalam perusahaan General Motors.

Du Pont meninggalkan legacy dalam berbagai hal. Tidak hanya berupa kekayaan yang tak terhitung namun juga ke dalam beberapa foundation bidang pendidikan. Salah satunya duduk menjabat sebagai Delaware State Board of Education dan mendonasikan sebagian hartanya pada Delaware’s Public School.

Longwood Gardens adalah area yang dimiliki keluarga besar Du Pont yang kini bisa kita nikmati masa kejayaannya. saya berkunjung ke Longwood Gardens September tahun lalu.  Cukup jauh dari rumah tempat tinggal di Dover,Delaware. Suami yang sejak kecil sudah beberapa kali ke Longwood Gardens sempat nyasar dan harus menyalakan alat  GPS Tracker’s Car. Tiba di area parkir karena cuaca saat itu sangat bagus, maka tidak terasa kami sudah memasuki area cantik dengan hamparan luas warna warni bunga aneka jenis. Harga tiket berkisar $16-$27 tergan tung kategori usia dan hari berkunjung.

Ada Fountains atau kalau di Jakarta disebut Air Mancur Menari. Tentu lagunya klasik dan mewakili figur Longwood Gardens yang elegan, glamour dan cantik. Ada 1,700 fountain jets and streams bisa dibayangkan keragaman dan kehebatan atraksi yang ditampilkan. Sungguh takjub saya sehingga rasanya berada di dunia lain ! Fountain Performances adalah setiap hari pada jam 11 siang ( lihat video saya : https://youtu.be/DCFvSIaPV6M )

Ada area indoor dan juga outdoor. Indoor diisi oleh bunga-bunga yang harus dirawat dan dijaga dari sinar matahari langsung. Misalnya Orchid Extravaganza. Ribuan bunga orchid  (anggrek )menghiasi ruangan kaca. Saat saya berkunjung kebetulan sedang ada lomba menghias bunga. Para peserta yang mayoritas wanita sibuk menghias bunga dengan berbagai gaya dan aneka bunga. Apik dan damai rasanya mata ini !

Ada bagian area yang merupakan rumah the Pierce-du Pont house, dimana pengunjung akan melihat 100 jenis orchid Phalaenopsis orchids yang dipajang selayaknya pohon Natal. Mereka menyebutnya “orchids islands”

Saking luasnya seringkali para tamu tersesat di area taman sehingga harus memperhatikan sign board agar tidak pegal kaki lantaran putar-putar dan nyasar ke area yang semakin jauh dari pintu keluar atau pintu masuk.

Pada salah satu sudut area ada air terjun dan menara lonceng yang dibangun sudah sangat tua. Rasanya kalau melihat bangunan atau menara itu seperti terpental jauh ke masa jaman dulu seperti film-film cerita kekaisaran. Disitu kita bisa duduk-duduk sambil menikmati pemandangan taman dan air terjun.

Enggan pulang rasanya, namun hari semakin panas. Saya sudah habis 2 batang ice cream tradisional yang dijual di Longwood Gardens. Selain itu, saya ingin berkunjung ke Hagley Museum, yang mana merupakan peninggalan Keluarga Du Pont. Hagley tak kalah luasnya. Karena di area tersebut selain dibangun beberapa rumah kastil dan masih lengkap perabotannya, juga pabrik mesin pembuatan bubuk mesiu berada di area yang sama ( typical bisnis keluarga sehingga tempat tinggal dan tempat keerja/pabrik dalam satu area ).

Jadi, Amerika Serikat itu benua, bukan sekedar negara. Kalau mau keliling Amerika seluruh states yang jumlahnya 51 sama saja dengan keliling negara sebanyak 51 negara ! Dan Amerika Serikat kaya akan segala sumber daya alam dan pemandangan. Tak heran tidak banyak turis berasal dari Amerika Serikat, sebab mereka sudah cukup dengan panorama yang dimiliki. Dari yang antik, kuno, ningrat, sampai peternakan, pertanian, cowboy dan rancher hingga Hollywood dan Beverly Hills yang paling modern seantero jagat dan super high class.

Namanya juga negara adidaya…bukan ? ( bersambung )

foto : koleksi pribadi Ayi Putri Tjakrawedana di Du Pont’s Gate

Artikel sebelumnyaGOYAN CAMPBELL
Artikel selanjutnyaWhy The BEATLES, WHY ??
I am the owner and founder of SCI MEDIA www.sayacintaindonesia.com. With a strong background as a media writer since 1994 from various magazines and newspapers and an independent writer for non-fiction books I have launched built me to have excellent skill in communication with people. I also have the skill to build corporation and personal images such as being coach for beauty contest and working as Artist Manager. I have experience gathering information to write personal biography books along with speaking at seminars and mentoring young women. I was affiliated with more than 50 organizations mostly about women empowerment I was a leader for some projects in Indonesia Ministries. I handled the PR of my party in the presidential election. I have worked with seminars, workshops, talk shows from various topics such as healthy lifestyle, how to become good writer, and others.