Tahun Baru selalu menjadi hal yang identik dengan perayaan. Berbagai tempat menggelar acara tahun baru. Keluarga sibuk memikirkan apa dan kemana menghabiskan tahun baru. Anak-anak ribut merengek untuk pesta tahun baru. Yang remaja sibuk bikin janji dengan kawan-kawan untuk bertahun baru ria.

Sebenarnya, apa makna pergantian tahun itu lebih penting ketimbang perayaan-perayaan dan rupa-rupa menghabiskan biaya ( bahkan ada yang gila-gilaan menggunakan kartu kredit atau pinjaman demi mengadakan pesta dan juga demi gengsi ). Rasanya kalau ada yang bertanya, “Tahun baru kemana ?” maka kita merasa ‘aneh” kalau tidak menjawab dengan mantap ” Pesta”, “Barbeque“, “Nginap di resort“, atau “Nonton concert” dan lain-lain.

Ok, sah-sah saja. Tetapi bila kita sendiri tidak melakukan resolusi alias introspeksi terhadap diri sendiri selama 1 tahun lalu, bertanya sudah berbuat apa saja, dan kitapun kebingungan…kemarin 1 tahun ngapain saja ya ? Maka percuma semua pesta dan ke ria an tersebut.

Kita hidup di era yang dinamis dan semua bergeser mengikuti jaman. Jaman yang buat siapa sih ? Ya manusia juga. Orang yang membuat ‘trend’, orang yang membuat pengaruh, orang yang membuat sejarah…semua adalah pembuat jaman.

Berikut beberapa hal yang mungkin bisa membuat kita melewati tahun baru dengan kualitas yang baik tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

  1. Berkumpul dengan cara masing-masing membawa makanan dan minuman untuk dibagi ramai-ramai. Lalu siapkan beberapa CD film untuk bisa ditonton bersama.
  2. Membuat rekaman film keluarga dengan masing-masing memberikan pendapat, bernyanyi/bermusik dan ucapan selamat tahun baru secara bersama-sama
  3. Merubah dekorasi rumah sebelum tengah malam agar ada kesan suasana baru
  4. Masak kesukaan keluarga dalam jumlah cukup, lalu dilakukan doa bersama saat pergantian tahun
  5. Bila memiliki rumah bertingkat atau tinggal dengan roof/atap tinggi, bisa menghabiskan waktu disana. Banyak kembang api yang bisa terlihat dari atas lalu saling bersalaman dan saling berdoa
  6. Membuat surat atau kartu ucapan bagi tiap orang dekat kita, diberi dekorasi permen dan pita, berisi ucapan terimakasih telah mengisi kebersamaan selama 1 tahun
  7. Membuat surat berisi harapan dan niat resolusi diri, lalu memasukkan ke dalam botol yang akhir tahun berikutnya kita buka dan ambil, lalu renungkan apakah resolusi yang kita tulis akhir tahun lalu sudah berhasil di tahun ini.

Masih banyak lagi acara-acara mengisi tahun baru yang positif, tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Intinya tahun baru adalah rasa syukur dan juga harapan masa yang akan datang dan bagaimana menjadi pribadi yang lebih baik dengan masa depan yang lebih baik tentunya.

Selamat tahun baru 2019….ingat, hidup singkat, bergeraklah cepat…sebelum terlambat.

image : Selfstarway.com

 

 

Artikel sebelumnyaMal mewah di Jakarta bagi para “shopaholic”, the more you get the more you want !
Artikel selanjutnyaUFC 232, merobohkan Chris Cyborg ! Amanda ‘The Lion’ Nunes juara baru
I am the owner and founder of SCI MEDIA www.sayacintaindonesia.com. With a strong background as a media writer since 1994 from various magazines and newspapers and an independent writer for non-fiction books I have launched built me to have excellent skill in communication with people. I also have the skill to build corporation and personal images such as being coach for beauty contest and working as Artist Manager. I have experience gathering information to write personal biography books along with speaking at seminars and mentoring young women. I was affiliated with more than 50 organizations mostly about women empowerment I was a leader for some projects in Ministry of Women Empowerment. I handled the PR of my party in the presidential election. I have worked with seminars, workshops, talk shows from various topics such as healthy lifestyle, how to become good writer, and others.