TKI Hingga Menjadi Model: Riyan Ferdian

0
1141
Foto: Istimewa

SAYACINTAINDONESIA – Berapa banyak Tenaga Kerja Indonesia yang bisa menjadi presenter ataupun model di negara luar? Rasanya tentu tidak banyak yang bisa memanfaatkan kesempatan untuk mengeksplor lebih jauh dirinya seperti yang dilakukan oleh seorang pemuda kelahiran Cilalap yaitu Riyan Ferdian. Pemuda ini dulunya hanya seorang pekerja home industry kini bisa dikatakan sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang sukses sekaligus seorang model dan presenter.

Banyak jalan menuju Roma” mungkin pepatah ini yang cocok menggambarkan karakter dan sosok dari Riyan Ferdian. Riyan Ferdian adalah sosok inspiratif yang merupakan Tenaga kerja Indonesia (TKI) di Taiwan. Sebelum memutuskan mengadu nasib di Taiwan, Riyan adalah seorang pemuda yang hanya lulusan paket C dan 5 tahun bekerja di sebuah toko sosis & bakso yang kemudian resign dan bekerja di sebuah home industry. Perjuangan Riyan untuk bisa di posisi saat ini tidaklah mudah dan dapat dikatakan perjuangan Riyan berawal dari zero to hero.

Hanya bekerja di home industry Bandung dan lulusan paket C lantas tidak membuat Riyan puas akan pencapaiannya. Riyan terus berusaha untuk mengubah hidupnya lebih baik dan untuk mengubah hidupnya Riyan berkeinginan untuk bekerja sebagai TKI di Korea, Jepang, dan Taiwan. Namun, perjalanan tak selalu mulus, Riyan berkali-kali gagal lantaran tidak memenuhi standar syarat tinggi badan minimal 165cm. Hal inilah yang sempat membuat Riyan sedikit sedih dan emosi “kalau ada PJTKI yang menerima TKI tinggi badan kurang dari 165 CM apa pun caranya aku mau!” tutur Ryan saat di wawancarai secara daring (26/10).

Berkat kegigihan dan semangat Riyan yang tak pernah padam, akhirnya Riyan bisa berangkat bekerja ke Taiwan lewat relasi yang di milikinya. Faktor yang membuat Ryan semangat untuk bekerja di Taiwan sangat simple, berangkat dari faktor ekonomi dan keinginannya memiliki rumah. “Utamanya faktor ekonomi, karena bekerja di Indonesia hanya dengan tamat SMP atau SMA gajinya tidak seberapa. Kapan saya bisa punya rumah?” kata Ryan (26/10)

Taiwan akhirnya menjadi negara tempat Riyan merantau, memilih Taiwan lantaran Ryan bahasa nasionalnya Mandarin “Saya sejak dulu suka mempelajari hal yang berbau Chinese. Bukan rasis tapi ingin tahu bagaimana mereka mayoritas maju secara ekonomi dan pendidikan. Jadi itung-itung menambah lancar berbahasa Mandarin selain mencari uang” ucap Riyan.

Foto: Istimewa

Di Taiwan, Riyan bekerja sebagai karyawan pabrik. Namun, tak hanya sebagai karyawan pabrik, Riyan berusaha untuk mengeksplor dirinya lebih jauh lagi. Lewat sifatnya yang minder, Riyan mencoba untuk mengikuti berbagai kegiatan lainnya seperti menyanyi, membuat grup komedi, presenter, hingga model guna menambah rasa percaya diri. Tak disangka, yang awalnya hanya sekedar menambah rasa percaya diri justru aktivitas tersebut membuka pintu rezeki yang lain bagi Riyan.

foto: Istimewa

Riyan pun hingga kini masih aktif sebagai presenter, model, pengisi acara live indosuara. Riyan pun tak mematok harga sama sekali untuk dia tampil. Kesibukan akan pekerjaan tak membuat Riyan lupa akan pendidikannya, di tahun 2021 ini Riyan berhasil menjadi Sarjana meskipun pendidikannya sempat terbengkalai selama 2 tahun.

Tips Supaya Aktif Selain Sebagai Pekerja di Taiwan:

  1. Selain bekerja gunakan waktu kalian untuk hal-hal yang positif.
  2. Kalau bisa sembari melanjutkan pendidikan.
  3. Seringlah mengikuti berbagai perlombaan yang sering diadakan oleh pemerintah Taiwan, perwakilan pemerintah Indonesia yaitu KDEI, atau komunitas dan organisasi di Taiwan untuk mengasah kemampuan kita dan hadiah uang cash biasanya lumayan banyak.
  4. Selain bekerja, jangan lupa menikmati keindahan tempat-tempat wisata di Taiwan. Sambil berwisata kalian juga bisa mendapatkan penghasilan. Misalnya menuliskan tentang tempat wisara yang kita kunjungi lalu kirim ke media-media kalau tulisan kalian dimuat kalian akan mendapat honor.
  5. Atau kalian bisa membuat konten video tempat tersebut, rute, dan informasinya lalu unggah ke YouTube. Kalian bisa mendapatkan penghasilan juga dari channel YouTube kalian.
  6. Aktiflah di media sosial, karena biasanya mereka akan “kepo” dengan kegitan yang Anda lakukan.
  7. Dan yang terpenting adalah Percaya Diri.

Selama 12 tahun menjadi TKI sekaligus mc ataupun model, Riyan sudah bisa menikmati hasil jeripayahnya selama ini seperti sudah terbelinya 2 rumah kavling di pinggir kota Bandung, membuka toko sembako kecil-kecilan, serta membantu adik saat menikah. Riyan bisa dikategorikan sebagai sosok yang berhasil ketika merantau di negeri orang. Untuk mengenal lebih lanjut sosok Riyan Ferdian, Anda bisa menyambangi channel youtubenya: Ryan Ferdian Official