Kaledo, makanan khas Palu, serupa tapi tak sama dengan sop buntut

0
47
foto : Sulawesi.co

Indonesia adalah sebuah negara yang terdiri dari beberapa pulau. Salah satunya adalah pulau Sulawesi. Sama seperti pulau-pulau lainnya, Sulawesi juga memiliki beberapa makanan khas yang juga cukup menarik perhatian. Di antaranya adalah Kaledo, sebuah makanan khas asal Palu.

Apa itu Kaledo ?

Kaledo atau Kaki Lembu Donggala merupakan salah satu makanan khas kota Palu, Sulawesi Tengah. Sekilas, Kaledo ini terlihat mirip seperti Sup Buntut. Namun, nyatanya bahan dasar keduanya berbeda. Jika Sup Buntut menggunakan Buntut dari sapi sebagai bahan utamanya sedangkan Kaledo menjadikan kaki lembu sebagai bahan utamanya. Tentu, keduanya sama-sama dipadukan dengan rempah-rempah khas Indonesia.

Kaledo bukan hanya sebuah akronim melainkan memiliki arti tersendiri dalam bahasa Kaili – bahasa penduduk kota Palu. Ka artinya keras dan ledo artinya tidak. Jadi, Kaledo berarti tidak keras. Hal ini mungkin karena kaki lembu yang dijadikan bahan utama memiliki sum-sum yang banyak dan lembut. Dan biasanya, Kaledo disajikan bersama dengan ubi bukan nasi seperti Sup Buntut.

Bahan-Bahan untuk Membuat Kaledo

Ketika ingin menikmati Kaledo, kamu dihadapkan dengan dua pilihan, yaitu membelinya atau membuatnya. Jika kamu memilih untuk membelinya, tidak usah khawatir karena Kaledo sudah banyak dijual di kota-kota besar di Indonesia. Jadi, buat kamu yang berasal dari Palu dan sedang merantau tenang saja karena kamu masih bisa mencicipi makanan khas kampung halamanmu.

Pilihan kedua adalah dengan membuatnya. Apa saja bahan-bahannya ?

  1. 1 kilogram kaki lembu
  2. 2 liter air
  3. 5 buah asam jawa mentah
  4. 2 sdt garam
  5. Bawang merah goreng
  6. 20 buah cabe rawit
  7. 1 butir jeruk nipis

Lalu bagaimana cara memasaknya ?

  1. Bakar kaki lembu sampai kehitaman dan pastikan bulu-bulunya sudah bersih terangkat
  2. Bersihkan kaki lembu bagian luar sampai terlihat lapisan kulit yang berwarna agak putih
  3. Rebuslah kaki lembu beberapa kali dengan air bersih untuk menghilangkan lemak. Jika dirasa cukup kemudian potong-potong daging dan tulang sesuai selera
  4. Masak daging dan tulang lembu sampai empuk. Setelah dirasa sudah empuk matikan api dan tunggu sampai dingin. Buang lemak yang tersisa dan saring kaldunya.
  5. Lalu masukkan daging dan tulang sapi yang sudah empuk tadi bersama kuah kaldu. Tambahkan garam, asam jawa, cabe rawit halus kemudian aduk hingga merata. Tungu hingga harum dan matang.
  6. Sajikan dan taburkan bawang goreng di atasnya. Jangan lupa perasan jeruk nipis untuk menambah cita rasa.

Jadi, apakah kamu merasa tertarik untuk mencoba Kaledo ? Yuk beri komentarmu setelah mencoba makanan khas Sulawesi ini.

Penulis SC Indonesian News : Alifaturasikah

 

SHARE
Previous articleTaliban Tembak Gas Air Mata ke Demostran Perempuan Afghanistan!
Next articleMengenal Serunai, Alat musik tradisional Sumatera Barat berasal dari batang padi dan tanduk kerbau
I am the owner and founder of SCI MEDIA www.sayacintaindonesia.com. With a strong background as a media writer since 1994 from various magazines and newspapers and an independent writer for non-fiction books I have launched built me to have excellent skill in communication with people. I also have the skill to build corporation and personal images such as being coach for beauty contest and working as Artist Manager. I have experience gathering information to write personal biography books along with speaking at seminars and mentoring young women. I was affiliated with more than 50 organizations mostly about women empowerment I was a leader for some projects in Indonesia Ministries. I handled the PR of my party in the presidential election. I have worked with seminars, workshops, talk shows from various topics such as healthy lifestyle, how to become good writer, and others.