Lebih dari 200 anggota komunitas Indonesia pendukung calon Presiden Joko Widodo yang bermukim di Washington DC, Amerika Serikat dan sekitarnya, berkumpul di lapangan The Mall, Smithsonian, di antara gedung Capitol Hill dan Monumen Nasional pada hari Minggu 4 November, pukul 2-4 sore waktu Washington DC dalam acara ‘Colourful Indonesia’ atau yang diartikan Warna Warni Indonesia.

Berbagai daerah terwakili di acara tersebut. Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi,, NTT hingga Papua, dalam pakaian daerah dan pembacaan deklarasi.Ini menunjukkan keragaman Indonesia, sesuai dengan momentum hari Sumpah Pemuda yangbaru lalu. Salah satu yel yang dikumandangkan : Siapa kita ? INDONESIA !

Acara juga diramaikan dengan kehadiran standing figure ‘PAk Jokowi” hasil kreatif#KaryaadalahDoa, dari Indonesia. Peserta acara sangat antusias dan bergantian untuk berfoto dengan ‘Pak Jokowi’.

ISI DEKLARASI

1. Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan PANCASILA dan UUD 1945

2. Indonesia adalah rumah kita semua ! Mendukung iklim politik yang damai , dan menjagakerukunan antar umat,. KAmi mngecam semua bentukpolitik yang memakai isu SARA, berita HOAX, yang memecah belah bangsa.

3. Siap merawat hubungan harmonis antar warga negara, yang tolerandan menghormati perbedaan, termasuk perbedaan politik.

4. Menjaga Pemilihan Presiden dan Legislatif 2019 yang bersih dan transparan.

5. Mendukung pasangan Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2019 – 2024, demi mewujudkan Indonesia yang bermartabatdan pemerataan sosial dan ekonomi di seluruh Indonesia.

Acara juga diisi dengan :

-Pembacaan doa, perwakilan 3 agama ( Kristen, Katholik dan Islam )

-Pembacaan Sumpah Pemuda

-Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Padamu Negeri dan GAruda Pancasila

-Berbagai yel, untuk Indonesia dan Jokowi

-Parade busana daerah diiringi nyanyian lagu-lagu daerah oleh peserta acara.

 

Harumkan Indonesia di negara Paman Sam !

 

SumberĀ  foto dan kisah : Joe

The Colourful of Indonesia di muka gedung Capitol Hill Washington DC USA