Kebutuhan nutrisi wanita berbeda dengan pria. Apa saja nutrisi spesifik yang dibutuhkan oleh para wanita? Apa saja makanan sehat untuk wanita? Berikut kami rangkumkan 50 jenis makanan sehat yang mengandung nutrisi esensial yang dibutuhkan para wanita.

Nutrisi penting tersebut dapat menangkis penyakit serius seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung. Serta membentengi sistem kekebalan tubuh Anda, para wanita. Juga melindungi dan menghaluskan kulit Anda; dan membantu Anda menurunkan berat badan atau tetap langsing. Jika Anda makan sebagian besar makanan sehat sudah, baik untuk Anda! Jika belum, belum terlambat untuk memulainya sekarang…

Telur Mengandung Kolin, untuk menurunkan resiko kanker payudara

Kuning telur adalah rumah bagi nutrisi penting tetapi sulit didapatkan, termasuk kolin, yang berkaitan dengan menurunkan tingkat kanker payudara (persediaan satu kuning telur 25% dari kebutuhan harian Anda). Dan antioksidan yang dapat membantu mencegah degenerasi makula dan katarak.

  • Batasi konsumsi kuning telur untuk orang dengan penyakit jantung

Meskipun banyak dari kita telah menjauhi telur utuh karena telur dihubungkan dengan risiko penyakit jantung. Tetapi ada sebenarnya  bukti substansial bahwa bagi kebanyakan dari kita, telur tidak berbahaya tapi sehat. Orang dengan penyakit jantung harus membatasi kuning telur untuk dua per minggu, tapi sisa dari kita dapat memiliki satu telur utuh sehari-hari. Penelitian menunjukkan hal itu tidak akan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Membuat omelet dengan satu telur utuh dan dua putih, dan perhatikan kolesterol saat makan maknan lainnya.

Yogurt adalah cara yang bagus untuk mendapatkan kalsium, dan itu juga kaya bakteri meningkatkan imunitas tubuh. Tapi lain kali Anda menekan lorong yoghurt, ambil Yunani. Karena jika dibandingkan dengan yogurt biasa, ia memiliki dua kali protein (dan 25% wanita di atas 40 tidak mendapatkan cukup).

Ya, susu baik bagi tubuh! Studi menunjukkan bahwa kalsium tidak hanya menguatkan tulang tetapi memerangi lemak juga.

Penelitian terbaru dari University of Tennessee menemukan bahwa orang obesitas yang diet rendah kalori dan kaya kalsium kehilangan 70% lebih berat daripada mereka yang makan sedikit.

  • Wanita membutuhkan vitamin D sebanyak 1.000 IU perhari

Vitamin D tidak hanya memungkinkan tubuh Anda untuk menyerap kalsium, itu juga super gizi dalam dirinya sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa tingkat D yang memadai dapat mengurangi risiko penyakit jantung, menangkal kanker jenis tertentu, meredakan sakit punggung, dan bahkan membantu mencegah depresi, tetapi kebanyakan dari kita tidak mendapatkan hampir cukup dari 1.000 IU per hari yang sebagian besar ahli merekomendasikan.

  • Vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium, mencegah osteoporosis

Vitamin D penting untuk penyerapan kalsium. Tanpa vitamin D, kalsium dapat dibuang lagi oleh tubuh. Wanita lebih rentan terhadap osteoporosis. Oleh karena itu, pastikan Anda cukup vitamin D,

Sedikit tambahan susu di kopi pagi Anda tidak cukup untuk memberikan kalsium dan vitamin D yang Anda butuhkan. Gunakan susu bukan air untuk membuat oatmeal Anda.Minum segelas susu dengan sarapan, atau aduk beberapa sirup cokelat ke dalamnya untuk minuman setelah makan malam

  • Manfaat Omega-3 pada ikan salmon

Salmon merupakan sumber yang kaya vitamin D dan salah satu sumber terbaik omega-3 yang  Anda dapat temukan. Asam lemak esensial ini memiliki berbagai manfaat kesehatan mengesankan. Manfaatnya: mencegah penyakit jantung untuk menghaluskan kulit Anda dan membantu penurunan berat badan untuk meningkatkan suasana hati Anda dan meminimalkan efek dari arthritis.

Omega-3 juga memperlambat laju pencernaan, yang membuat Anda merasa lebih penuh lagi, sehingga Anda makan lebih sedikit kalori sepanjang hari.

Daging sapi tanpa lemak yang kaya zat besi

Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber terbaik diserap dari besi ada. (Terlalu sedikit zat besi dapat menyebabkan anemia.) Menambahkan sesedikit 1 oz daging sapi per hari dapat membuat perbedaan besar dalam kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dari sumber lain, kata Mary J. Kretsch, PhD, seorang peneliti di USDA- Pusat Penelitian Nutrisi ARS Barat Daya Manusia di Davis, CA.

Wanita terus-menerus membutuhkan suplemen zat besi, karena menstruasi setiap bulan.

  • Daging sapi juga mengandung zinc /seng

Daging sapi juga mengandung banyak zinc (bahkan kekurangan kecil dapat mengganggu memori) dan vitamin B, yang membantu Anda makanan tubuh berubah menjadi energi.

Jika Anda dapat, carilah sapi yang makan rumput. Dibandingkan dengan daging sapi yang makan pakan, ia memiliki dua kali konsentrasi vitamin E, antioksidan kuat yang meningkatkan kinerja otak. Daging sapi ini juga tinggi asam lemak omega-3.

Karena jenis daging sapi cenderung rendah lemak secara keseluruhan, jadi bisa menjadi alot. Jadi bumbui dan gunakan termometer daging agar  tidak dimasak terlalu matang.

Kacang polong kaya serat, protein, kalsium, kalium

Sulit untuk membayangkan makanan yang lebih sempurna dari kacang-kacangan. Satu cangkir penuh dimasak dapat menyediakan sebanyak serat 17 g. Mereka juga sarat dengan protein dan puluhan nutrisi kunci, termasuk beberapa kebanyakan wanita yang kekurangan kalsium, kalium, dan magnesium.

  • Kacang polong dapat mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker payudara

Studi menghubungkan kacang dengan pengurangan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan kanker payudara dan usus.

Pedoman diet terbaru menyarankan mengkonsumsi setidaknya 3 cangkir kacang seminggu-3 kali sangat sedikit 1 cangkir kita biasanya mendapatkan. Isi lemari Anda penuh dengan segala macam kacang: hitam, putih, merah, refried bebas lemak, dll.

Gunakan kacang dalam salad, kentang panggang, dan sayuran cabai atau dihaluskan untuk taburan/olesan pada sandwich.

Kacang-kacangan ( dari pohon, seperti almond, kenari, makadamia)

  • Kacang-kacangan kaya omega-3, arginine, polifenol

Singkatnya: peneliti USDA mengatakan bahwa makan 1½ oz (=42 gram) kacang pohon setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

  • Polifenol penting untuk menjaga kesehatan jantung

Kenari kaya omega-3. Hazelnut mengandung arginine, asam amino yang dapat menurunkan tekanan darah. Satu oz (=28gram) almond memiliki banyak polifenol untuk jantung sehat, sama seperti secangkir teh hijau dan 1/2 cangkir brokoli kukus gabungan.Polifenol dapat membantu menurunkan kolesterol LDL juga.

  • Kacang-kacangan tinggi kalori, jadi batasi konsumsi harian

Kuncinya adalah moderasi, karena kacang tinggi kalori. Jauhkan stoples kacang cincang di lemari es Anda, dan taburi sendok makan pada sereal, salad, tumisan, atau yogurt. Atau memiliki ounce sebagai camilan hampir setiap hari dalam seminggu.

Edamame dan tahu

Hari-hari kedelai sebagai obat segala hal mungkin sudah berakhir. Tetapi edamame masih memiliki tempat yang penting di piring Anda. Makanan seperti tahu, susu kedelai, dan edamame membantu melawan penyakit jantung, ketika mereka digunakan untuk mengganti daging berlemak dan keju, memotong asupan lemak jenuh.

  • Kedelai mengandung isoflavon yang mencegah kanker payudara

Kedelai juga mengandung lemak tak jenuh ganda untuk jantung sehat, cukup banyak serat, dan beberapa vitamin penting. Isoflavon kedelai ini, atau estrogen tanaman, juga dapat membantu mencegah kanker payudara.

Beberapa peneliti percaya mengikat ini dengan reseptor estrogen, mengurangi ekspos terhadap efek yang lebih kuat dari estrogen Anda sendiri, kata Penasihat  Pencegahan Andrew Weil, MD.

  • Isoflavon tinggi dari suplemen kedelai berbahaya

Tapi tetap dengan makanan seluruh kedelai ketimbang makanan olahan, seperti roti atau keripik, dibuat dengan bubuk kedelai. Jangan mengambil suplemen kedelai, yang mengandung jumlah tinggi dan mungkin berbahaya isoflavon.

Havermut, makanan kesehatan untuk wanita

Oat kaya serat bahkan lebih sehat dari yang diduga FDA, ketika pertama kali mereka dicap dengan segel mengurangi penyakit jantung 10 tahun yang lalu.

  • Havermut atau oat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2

Menurut penelitian terbaru, mereka juga dapat memotong risiko diabetes tipe 2. Ketika peneliti Finlandia dilacak 4316 pria dan wanita selama 10 tahun, mereka menemukan bahwa orang yang makan persentase tertinggi dari serat sereal yang 61% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes tipe 2.

Untuk menuai keuntungan, makan 1/2 cangkir sehari-sebaiknya tanpa gula. Untuk sarapan serbaguna, atas dengan kombinasi yang berbeda dari buah, yoghurt, dan kacang-kacangan. Anda juga dapat menggunakan gandum sebagai pelapis ikan atau ayam atau menambah tekstur untuk bakso.

Makanan sehat untuk wanita: Biji rami

  • Biji rami kaya omega-3 untuk mencegah penyakit  jantung

Flaxseed atau biji rami adalah sumber tanaman yang paling ampuh dari lemak omega-3. Studi menunjukkan bahwa menambahkan biji rami untuk diet Anda dapat mengurangi perkembangan penyakit jantung sebesar 46% –itu membantu menjaga sel-sel darah merah dari penggumpalan bersama-sama dan membentuk gumpalan yang dapat memblokir arteri. Hal ini juga dapat mengurangi kemungkinan kanker payudara.

  • Biji rami dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara

Dalam sebuah penelitian, wanita yang makan 10 gram biji rami (sekitar 1 sendok makan bulat) setiap hari selama 2 bulan memiliki peningkatan 25% dalam rasio pelindung kanker payudara dibanding bahan kimia pemicu kanker payudara dalam darah mereka. Taburi 1 sampai 2 sendok makan biji rami setiap hari pada sereal Anda, salad, atau yoghurt. Membelinya preground, dan tetap didinginkan.

  • Minyak zaitun dapat menurunkan kolesterol jahat LDL dan menaikkan kolsterol baik HDL

Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada minyak zaitun dapat menurunkan kolesterol “jahat” LDL dan meningkatkan kolesterol “baik” HDL. Ini kaya antioksidan, yang dapat membantu mengurangi risiko kanker dan penyakit kronis lainnya, seperti Alzheimer.

Carilah minyak extra virgin untuk yang paling banyak antioksidan dan enak. Percikkan jumlah kecil dari sayuran sebelum memanggang; menggunakannya untuk tumis, sebagai saus salad dan bumbu-bumbu, dan rasa roti saat makan malam sebagai pengganti lapisan mentega atau margarin.

Alpukat atau Avokad ternyata adalah makanan sehat untuk wanita

Buah yang lembut berkrim ini merupakan sumber besar tidak hanya kaya akan lemak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung, tapi nutrisi penting lainnya juga.

  • Alpukat kaya akan serat larut, vitamin E, folat dan potasium

Satu studi Ohio State University menemukan bahwa ketika alpukat ditambahkan ke salad dan salsa, itu membantu meningkatkan penyerapan karotenoid spesifik, senyawa tanaman dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari penyakit jantung dan degenerasi makula, penyebab utama kebutaan. “Alpukat yang dikemas dengan senyawa melindungi jantung, seperti serat larut, vitamin E, folat, dan potasium,” kata Elizabeth Somer, RD, penulis 10 Habits That Mess Up a Woman’s Diet. Tapi mereka agak tinggi kalori. Untuk menghindari kenaikan berat badan, menggunakan alpukat di tempat makanan lain yang tinggi lemak atau bumbu, seperti keju atau mayones.

Brokoli, makanan sehat untuk wanita

Tahukah kamu, makan lebih banyak  brokoli dapat mencegah penyakit yang mengancam jiwa, seperti penyakit kanker, penyakit jantung, menurut penelitian Johns Hopkins menunjukkan.

Rata-rata hanya empat porsi mingguan sayuran seperti brokoli, kubis, dan kembang kol memangkas risiko kematian akibat penyakit apapun dengan 26% di antara 6.100 orang yang diteliti selama 28 tahun.

  • Brokoli mengandung sulforaphan, zat pencegah kanker

Dan mengukus ringan  brokoli melepaskan jumlah maksimum sulforaphane. Sulforaphane milik sekelompok phytochemical, atau senyawa melawan penyakit dalam makanan nabati, yang dikenal sebagai isothiocyanates. Seiring dengan phytochemical yang terkait, hal ini membantu untuk mencegah terhadap perkembangan kanker. Sulforaphane mencegah enzim tertentu dari mengaktifkan agen penyebab kanker dalam tubuh dan meningkatkan produksi tubuh dari enzim lain yang karsinogen bersih dari sistem sebelum mereka dapat merusak sel-sel, menurut sumber-sumber seperti Program Penelitian Kanker payudara . Sulforaphane diproduksi di tanaman sayuran silangan hanya ketika dua enzim terpisah “kantung” bereaksi, myrosinase dan glucoraphanin.

Bayam

Bayam mengandung banyak lutein, pigmen kuning sinar matahari yang ditemukan di kuning telur. Selain menjaga terhadap degenerasi makula berkaitan dengan usia, penyebab utama kebutaan, lutein dapat mencegah serangan jantung dengan menjaga dinding arteri agar bersih dari kolesterol.

  • Bayam kaya lutein dan zat besi

Bayam juga kaya akan zat besi, yang membantu memberikan oksigen ke sel-sel Anda untuk energi, dan folat, vitamin B yang mencegah cacat lahir. Masak daun beku bayam (mereka menyediakan lebih banyak zat besi bila dimasak dari mentah) dan berfungsi sebagai lauk dengan makan malam beberapa kali seminggu.

Mengapa tomat disebut makanan sehat untuk wanita?

  • Tomat mengandung lycopene, antioksidan pencegah kanker payudara

Tomat merupakan sumber yang paling umum kami lycopene, sebuah antioksidan yang dapat melindungi terhadap penyakit jantung dan kanker payudara. Satu-satunya masalah dengan tomat adalah bahwa kita biasanya makan mereka dalam bentuk saus spaghetti botolan dengan tambahan gula, atau sebagai irisan tipis dalam sandwich. Untuk ide lauk sehat, potong 4 tomat dan percik dengan minyak zaitun, bubuk bawang putih, garam, dan merica. Panggang dalam 400 ° F oven selama 20 menit, dan dihidangkan dengan ayam.

Ubi jalar, sumber beta karoten / pro vitamin A

  • Ubi jalar kaya beta karoten yang akan diubah menjadi vitamin A

Vitamin A adalah nutrisi penting yang melindungi dan memelihara mata, kulit, dan lapisan dari pernapasan kita, kemih, dan saluran usus. Ubi jalar adalah dari makanan yang mengandung beta-karoten, yang akan diubah tubuh Anda menjadi vitamin A.

Makanan yang kaya beta karoten: wortel, labu, kale, dan melon, tetapi ubi jalar memiliki salah satu yang paling banyak. Setengah cangkir porsi ini ubi jalar memberikan hanya 130 kalori tapi 80% dari  vitamin A. Ganti kentang goreng malam ini dengan satu panggang ubi jalar ukuran sedang (1.096 mcg), itu cukup untuk kebutuhan vitamin A harian Anda.

Bawang putih, makanan sehat untuk wanita

Bawang putih mengandung lebih dari 70 phytochemical aktif, termasuk allicin, yang menurut penelitian dapat menurunkan tekanan darah tinggi sebanyak 30 poin.

  • Konsumsi bawang putih menurunkan resiko kanker

Tingginya konsumsi bawang putih menurunkan tingkat kanker ovarium, kolorektal, dan kanker lainnya, menurut review penelitian di American Journal of Clinical Nutrition.

  • Alicin pada bawang putih berguna untuk melawan infeksi dan bakteri

Allicin juga melawan infeksi dan bakteri. Peneliti Inggris memberi 146 orang plasebo atau ekstrak bawang putih selama 12 minggu. Bawang putih berdampak pada dua pertiga lebih kecil kemungkinannya untuk terkena pilek. Kunci untuk bawang putih sehat: geprak/ketok hingga gepeng bawang putih, dan biarkan selama 30 menit sebelum dimasak. Ini akan mengaktifkan dan mempertahankan senyawa yang melindungi jantung, menurut sebuah studi 2007 dari Argentina.

Makanan sehat untuk wanita: Paprika merah

Buah jeruk mendapatkan semua kredit untuk vitamin C, tapi paprika merah sebenarnya sumber terbaik. Vitamin C mungkin paling dikenal untuk manfaat kulit dan kekebalan.

  • Vitamin C mengurangi kerutan. Hore!

Para peneliti di Inggris melihat asupan vitamin C di 4025 wanita dan menemukan bahwa mereka yang makan lebih memiliki kurang kerutan dan kekeringan kulit. Dan meskipun mendapatkan cukup vitamin C tidak akan mencegah Anda dari terkena pilek atau flu, studi menunjukkan bahwa hal itu bisa membantu Anda pulih lebih cepat.

  • Rendahnya kadar Vitamin C lebih rentan 2.4 kali terkena stroke

Vitamin C memiliki kredensial penting lainnya, juga. Peneliti Finlandia menemukan bahwa pria dengan kadar rendah 2,4 kali lebih mungkin untuk mengalami stroke, dan ilmuwan Australia baru-baru ini menemukan bahwa antioksidan mengurangi nyeri lutut dengan melindungi lutut Anda terhadap arthritis.

Buah Ara / Fig, makanan sehat untuk wanita

  • Buah Ara kaya kalium

Ketika Anda memikirkan produk yang kaya kalium, buah ara mungkin tidak datang ke pikiran, tetapi Anda mungkin akan terkejut untuk mengetahui bahwa enam buah ara segar memiliki 891 mg dari mineral penurun tekanan darah, hampir 20% dari kebutuhan harian Anda-dan sekitar dua kali lipat apa yang Anda akan temukan dalam satu pisang besar.

  • Diet kalium tinggi menurunkan tingkat kematian

Dalam sebuah studi 5 tahun terakhir dari Belanda, diet tinggi kalium dikaitkan dengan tingkat yang lebih rendah dari kematian dari semua penyebab pada orang dewasa sehat berusia 55 dan lebih tua. Buah ara adalah salah satu sumber buah kalsium terbaik, dengan hampir sebanyak per porsi (enam buah ara) sebagai 1/2 cangkir susu bebas lemak. Sajikan dengan memotong dan menambah yogurt, keju cottage, oatmeal, atau salad hijau. Atau menikmati mereka sebagai camilan gurih: Potong celah di sisi dan isi dengan 1/2 sendok teh versi rendah lemak dari keju lunak seperti chevre atau Brie.

Bluberi, makanan sehat untuk wanita

  • Blueberi kaya antioksidan anti-aging

Blueberry mungkin sangat baik menjadi makanan pencegah penuaan dini / anti aging yang paling ampuh, mereka penuh sesak dengan antioksidan. Ketika para peneliti di Cornell University menguji 25 buah untuk senyawa ampuh, mereka menemukan bahwa blueberry liar manis (yang lebih kecil dari sepupu mereka dibudidayakan) kaya antioksidan yang paling mudah diserap.

  • Blueberry membantu mencegah kehilangan memori

Penelitian menunjukkan makanan yang kaya blueberry dapat membantu dengan kehilangan memori, mencegah infeksi saluran kemih, dan mengurangi kelelahan mata. Tambahkan hingga 1/2 cangkir blueberry untuk diet Anda sehari selama manfaat kesehatan maksimal, merekomendasikan Ronald Prior, PhD, profesor ilmu makanan di Universitas Arkansas di Fayetteville.

Ini saja memberikan sekitar dua kali lipat jumlah antioksidan kebanyakan orang Amerika mendapatkan dalam 1 hari.

Pir Asia, mengapa disebut makanan sehat untuk wanita

  • Pir kaya serat, 1 buah pir  mengandung 40% kebutuhan harian serat

Satu buah pir Asia yang besar memiliki 10 g serat penurun kolesterol, sekitar 40% dari kebutuhan harian Anda. Orang yang makan paling banyak serat memiliki kadar total dan kolesterol LDL terendah, menurut sebuah studi baru-baru ini orang dewasa Baltimore.

  • Serat membantu mengurangi kelebihan berat badan dan lingkar pinggang

Para peneliti yang sama menemukan bahwa orang yang makan paling banyak serat juga beratnya lebih rendah dan memiliki indeks massa tubuh terendah dan lingkar pinggang terkecil.

Sajikan dengan potong dadu menjadi salad, dari selada Boston, keju kambing hancur , kenari, dan jeruk mandarin. Atau membuat makanan penutup: kupas dan buang biji pir, masukkan ke panci dengan 1 cangkir anggur putih, 1 sendok teh madu, 1 sendok teh parutan jahe segar, dan air yang cukup untuk menutupi pir. Tutup dan didihkan 40 menit atau sampai pir lembut.

Lychee, makanan kesehatan untuk wanita

  • Lychee kaya polifenol (15% lebih tinggi dari buah anggur)

Sebuah penelitian di Prancis yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa leci memiliki tingkat kedua tertinggi polyphenol jantung-sehat dari semua buah-buahan yang diuji. Lychee mengandung hampir 15% lebih dari jumlah yang ditemukan dalam anggur (dikutip oleh banyak orang sebagai powerhouses polifenol).

  • Polifenol penting untuk mencegah penyakit degeneratif

Senyawa ini juga memainkan peran penting dalam pencegahan penyakit degeneratif seperti kanker. Sajikan dengan mengupas atau melanggar meliputi luar tepat di bawah batang; menggunakan pisau untuk menghapus pit hitam. Tambahkan ke tumisan atau tusuk ke ayam kebab untuk menambahkan manis, rasa grapelike.

Apel, salah satu buah paling sehat

  • Apel efektif mengurangi kematian akibat penyakit jantung pada wanita pasca menopause

Salah satu buah tersehat Anda harus makan, yang mungkin Anda sudah makan adalah: apel. The Iowa’s  Women Health Study, yang telah menyelidiki kebiasaan kesehatan 34.000 wanita selama hampir 20 tahun, menyebut apel sebagai salah satu dari tiga makanan (bersama dengan pir dan anggur merah) yang paling efektif dalam mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung pada wanita pasca menopause.

  • Apel membantu menurunkan resiko diabetes tipe 2

Studi besar lain telah menemukan buah untuk penurunan risiko kanker paru-paru dan diabetes tipe-2 dan bahkan membantu wanita menurunkan berat badan. Bahkan, satu-satunya hal yang bisa membuat sebuah apel yang tidak sehat adalah mencampurnya dengan gula, tepung, dan mentega dan memasukkannya ke dalam pai kalori tinggi.

Sebaliknya, sebagai camilan sore dengan satu sendok makan selai kacang, atau tambahkan irisan untuk sandwich atau salad.

Jambu biji, makanan sehat untuk wanita

  • Jambu biji kaya vitamin C, untuk kulit cantik

Asli Amerika Selatan, buah tropis ini merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C untuk penyembuhan kulit, dengan 250% dari kebutuhan harian.

Satu cangkir jambu biji memiliki hampir 5 kali lebih banyak C dibanding orange ukuran sedang (377 mg berbanding 83 mg)

  • Jambu biji merah kaya lycopene, lebih tinggi dari tomat

Jambu biji  juga sarat dengan likopen (26% lebih dari tomat), yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Dan menurut penelitian oleh ahli mikrobiologi di Bangladesh, jambu biji bahkan dapat melindungi terhadap patogen bawaan makanan seperti Listeria dan Staph.

Anda dapat membeli jus jambu, atau didihkan potongan dalam air seperti yang Anda lakukan untuk membuat saus apel. Jambu biji juga membuat smoothie yang super: Blend 1/2 pisang, 1/2 jambu matang, segenggam stroberi, 1/2 cangkir susu kedelai, dan beberapa es batu.

Makanan sehat untuk wanita: coklat hitam

  • Coklat hitam kaya flavonoid, untuk mencegah sumbatan pembuluh darah

Terima kasih, cokelat hitam, untuk membuat kita merasa baik –tidak bersalah– tentang makanan penutup. Dark chocolate atau coklat hitam, berisi antioksidan flavonoid (lebih dari 3 kali jumlah cokelat susu) yang menjaga platelet darah dari saling menempel dan bahkan mungkin menghilangkan sumbatan pembuluh darah arteri.

  • Coklat hitam dapat membantu diet

Coklat hitam juga dapat membantu dengan penurunan berat badan dengan menjaga Anda merasa kenyang, menurut sebuah studi dari Denmark. Peneliti memberikan 16 peserta 100 g coklat hitam atau susu cokelat dan 2 jam kemudian menawarkan mereka pizza. Mereka yang mengkonsumsi dark chocolate makan kalori 15% lebih sedikit dibandingkan mereka yang memiliki cokelat susu, dan mereka kurang tertarik pada lemak, asin, dan makanan manis. Coba cokelat dengan 70% atau lebih kakao. Dua sendok makan chocolate chips gelap dengan buah segar sebagai camilan tengah hari atau setelah makan malam makanan penutup harus memberikan beberapa manfaat jantung sehat tanpa penghilang anggaran kalori Anda.

Delima, makanan sehat untuk wanita

  • Delima kaya akan polifenol, mencegah stroke

Kaya dengan senyawa antioksidan polifenol, buah delima telah lama dikaitkan dengan kesehatan jantung dan  otak. Penelitian baru menjelaskan mengapa. Satu studi menemukan delima polifenol membantu arteri Anda memperluas dan kontrak untuk mengelola aliran darah dan mencegah pengerasan.

  • Polifenol juga dapat menangkal penyakit Alzheimer

Sebuah studi terpisah menemukan antioksidan yang sama membantu menangkal jenis peradangan yang menyebabkan penyakit Alzheimer. Untuk mendapatkan manfaat yang paling, makan biji buah dan beberapa empulur. Keduanya mengandung senyawa sehat.

Pisang kaya akan kalium

  • Kalium membantu menurunkan tekanan darah

Baik pisang tua yang sarat dengan kalium -nutrisi makro yang membantu mengontrol tekanan darah Anda dan menjaga sistem saraf Anda beroperasi pada efisiensi puncak.

  • Kalium menurunkan resiko stroke

Kalium juga menurunkan risiko stroke, menurut penelitian dari FDA. Tetapi jika Anda seperti kebanyakan wanita, Anda mengkonsumsi hanya setengah kalium yang dibutuhkan tubuh Anda. Satu pisang kemasan 450 mg-sekitar 10% dari target kalium harian serta serat untuk menjaga sistem pencernaan Anda berjalan lancar.

Selai kacang kaya magnesium dan vitamin B6

  • Magnesium untuk tulang kuat

Dari magnesium penguat tulang hingga vitamin B6 yang meningkatkan kekebalan tubuh, selai kacang yang sarat dengan banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh (tapi mungkin tidak mendapatkan cukup dari).

  • protein pada selai kacang membantu kenyang lebih lama, mencegah ngemil

Yang tinggi serat dan konten protein akan membuat Anda kenyang selama berjam-jam, dan selai kacang juga merupakan sumber yang baik dari lemak jenuh tunggal, terbukti untuk membantu Anda menurunkan berat badan dan menangkal diabetes.

Popcorn, makanan ringan kaya serat

Dikemas dengan antioksidan pelawan radang yang dapat membantu menangkis masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan depresi, popcorn juga satu-satunya biji-bijian 100% tidak diproses, berarti yang salah satu makanan ringan yang terbaik untuk membantu Anda memenuhi sehari-hari Anda untuk makanan alami.

  • Masak sendiri popcorn Anda, gunakan minyak sehat seperti gandum

Satu-satunya peringatan: Jenis popcorn “siap microwave” yang sarat dengan kalori dan bahan kimia. Membeli kernel yg tak dipolitur dan masak sendiri di atas kompor popper. Zaitun atau  minyaktruffle lezat, substitusi sehat untuk mentega.

Makanan sehat untuk wanita: tiram

  • Kandungan zinc / seng pada tiram baik untuk kekebalan tubuh dan perkembangan janin

Tiram kaya akan seng /zinc, mineral yang diperlukan untuk kesehatan kekebalan tubuh dan DNA, serta perkembangan janin.

  • Tiram kaya zat besi

Hewan laut ini juga merupakan sumber yang kaya zat besi, nutrisi yang banyak pemakan sayur tidak mendapatkan cukup. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan kekurangan sel darah merah, kelelahan, sakit kepala, dan penyakit lainnya. Hanya 1 tiram mentah mengandung hampir 3 miligram zat besi,  atau seperenam dari kebutuhan harian Anda, 18mg zinc/seng

Jamur, makanan sehat untuk wanita

  • Senyawa dalam jamur dapat menurunkan kolesterol dan memperlambat pertumbuhan tumor

Senyawa dalam jamur telah terbukti menurunkan kolesterol dan memperlambat pertumbuhan tumor yang terkait dengan beberapa kanker, menurut American Cancer Society.

  • Interferon dalam jamur dapat menghentikan virus hepatitis

Jamur juga meningkatkan tingkat sirkulasi tubuh Anda protein yang disebut interferon, yang menghentikan virus seperti hepatitis dari berkembang.

  • Jamur harus dimasak untuk mendapatkan hasil maskimal, jangan dimakan mentah

Apakah Anda berencana untuk melahap shiitakes atau jamur putih, pastikan Anda memasak mereka yang pertama dulu. Karena dinding sel padat mereka hampir dicerna jika dimakan mentah.

Jamur juga pengganti  rendah kalori untuk daging, baik untuk diet.

Biji Chia kaya omega 3 dan nutrisi lain

Seperti biji saudaranya, rami, biji chia merupakan sumber besar dari protein, omega-3, dan serat. Mereka juga mengandung jumlah yang baik dari antioksidan yang sehat, serta kalsium, zinc, magnesium, dan besi-semua penting bagi kesehatan Anda.

Beberapa penelitian juga menunjukkan chia dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan mengontrol tingkat rasa lapar Anda. Melemparkan segenggam kecil ke smoothie atau dipanggang, atau menggunakannya sebagai topping sehat pada salad atau yogurt

Dada ayam kaya protein dan rendah lemak

Ini mungkin tidak menjadi superfood trendi, tapi porsi 4oz dada ayam tanpa kulit mengandung hampir setengah dari protein harian Anda.

  • Dada ayam juga kaya vitamin B3 dan B6

Dada ayam merupakan sumber fosfor-penting untuk tulang dan gigi yang kuat-serta vitamin B3 (alias niacin), yang membantu mengontrol tekanan darah tinggi dan mencegah pengerasan pembuluh darah.

Satu porsi juga mengandung 25% vitamin B6 yang Anda butuhkan setiap hari untuk menjaga otak yang tepat dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Kale, makanan sehat untuk wanita

Sayuran berdaun hijau cenderung masuk ke daftar atas  ahli kesehatan. Dan, bersama dengan bayam, kale adalah di bagian teratas daftar.

  • Kale kaya vitamin A, C, K dan kalsium

Penuh dengan vitamin A, K, dan C, kale juga merupakan sumber besar kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium. Apakah Anda melemparkannya ke sup, smoothie, atau salad, melahap sebanyak hal ini yang Anda bisa setiap hari.

Lemon, kaya flavonoid yang bersifat anti kanker

Seiring dengan konsentrasi yang mengesankan dari vitamin C, senyawa flavonoid lemon ini telah terbukti memiliki sifat anti-kanker. Tapi lemon dapat sehat dalam peran pendukung: Tambahkan sedikit untuk teh Anda, dan tubuh Anda akan menyerap lebih banyak antioksidan sehat minuman ini, menemukan penelitian dari Purdue University. Anda bahkan dapat mengurangi munculnya bintik-bintik usia dengan plopping irisan lemon pada mereka 10 menit sehari selama 12 minggu.

Jeruk kaya vitamin A, B, C

Sarat dengan vitamin C, jeruk juga merupakan sumber solid folat yang penting untuk pemeliharaan dan perbaikan sel. Mereka mengandung kalium dan vitamin B1 dan A, yang penting untuk penglihatan dan fungsi kekebalan tubuh.

  • Jeruk juga mengandung pektin yang menyerap kolesterol jahat

Dan pektin dalam jeruk menyerap kolesterol tidak sehat dari makanan lain yang Anda makan, dan mengeluarkan zat berbahaya dari tubuh anda. Pektin juga menetralisir protein berbahaya yang disebut galectin-3 yang menyebabkan jaringan parut  di dalam hati Anda, demikian menurut penelitian di Inggris.

Kentang kaya niacin, kalium, folat dan fosfor

Ubi jalar memang lebih terkenal sebagai superfood dibanding kentang. Dan sementara ubi jalar memang mengandung lebih banyak beta karoten, kentang warna coklat muda menang untuk kandungan folat, niacin, kalium, dan juga fosfor, mineral penting untuk tulang yang kuat.

  • Kentang rendah kandungan gula dibanding ubi manis

Kentang juga jauh lebih rendah gula dan natrium dari kerabat mereka manis. Cobalah mengganti yogurt Yunani yang sehat untuk krim asam ketika memanggang atau menumbuk; Anda akan terkejut betapa miripnya dua rasa ubi jalar dan kentang.

Quinoa mengandung 9 asam amino esensial dan nutrisi lain

Quinoa ada di setiap daftar makanan super untuk alasan yang baik. Mereka kaya dengan jenis protein”lengkap” yang berisi semua 9 asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh Anda. (Banyak sayuran merupakan sumber protein tidak lengkap.)

Quinoa juga padat serat untuk membantu pencernaan Anda, dan praktis sarat multivitamin, seperti zat besi, magnesium, kalsium, kalium, dan folat.

Minuman Anggur merendahkan kadar kolesterol

  • Anggur merah lebih kaya resveratrol dibanding anggur putih

Antioksidan dalam minuman anggur dikaitkan dengan kadar kolesterol yang lebih rendah dan pembuluh darah lebih sehat, yang meningkatkan kesehatan jantung. Dan senyawa anggur resveratrol lebih berlimpah pada anggur merah dibanding anggur putih.

  • Minuman anggur dapat memblokir lemak dan mengusir depresi

Anggur telah terbukti untuk memblokir pertumbuhan sel-sel lemak, mengatur gula darah, dan mengusir depresi. Tapi minum secukupnya: Sementara segelas atau dua dalam beberapa hari dalam seminggu memperpanjang hidup, setiap hari minum anggur berisiko kematian dini, menunjukkan sebuah studi dari Virginia Tech.

Labu kuning kaya beta karoten

  • Beta karoten dapat diubah menjadi vitamin A atau retinol A, yang menjaga kesehatan dan keindahan kulit

Seperti kebanyakan sayuran oranye, labu yang penuh dengan beta karoten, yang tubuh Anda secara alami mengkonversi vitamin A, juga dikenal sebagai retinol. Itu hal yang baik, karena retinol penting bagi kesehatan kulit dan selaput lendir, serta fungsi kekebalan tubuh dan visi.

  • Pitosterol pada biji labu dapat memerangi pembesaran prostat

Biji labu juga mengandung senyawa pelindung yang disebut pitosterol, yang dapat membantu memerangi pembesaran prostat. Jadi, bukan hanya berguna pada kaum wanita saja ya.

Kacang lentil, makanan sehat untuk wanita

  • Kacang lentil mengurangi resiko kanker payudara

Wanita yang makan kacang setidaknya dua kali seminggu adalah 24% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker payudara dibandingkan wanita yang mengonsumsinya kurang dari sekali dalam sebulan, studi menunjukkan.

Lentil menjaga gula darah stabil, dan hanya seperempat cangkir kacang kecil ini memberikan 13 g protein, 11 g serat, dan 5 mg zat besi. Mereka juga telah ditunjukkan untuk menangkal hipertensi. Coba mereka dalam sup atau salad, atau cemilan lezat.

Kubis Brussel kaya glucosinolate untuk pencegah berbagai kanker

Sayuran ini memiliki senyawa sulfur yang disebut glucosinolates, terbukti membantu menurunkan resiko beberapa jenis kanker, menurut penelitian dari Oregon State University.

Sarat dengan besi dan kalium, secangkir kubis Brussel juga dilengkapi 54 mcg folat sekitar 14% dari 400 mcg direkomendasikan untuk asupan harian Anda. Potong jadi 2 dan tumis mereka dalam garam, merica, dan bawang putih untuk memeriahkan rasa alami mereka.

Bulgur, makanan sehat untuk wanita

  • Bulgur mengandung metabolit betaine

Gandum ini populer di Timur Tengah, mengandung metabolit (zat yang berkaitan dengan metabolisme) yang disebut betaine, yang dapat meredakan tingkat tidak sehat peradangan.

  • Burgur mengandung mangan, yang penting untuk fungsi otak dan saraf

Satu cangkir bulgur dimasak mengandung 8,2 g serat, hampir 33% dari kebutuhan harian Anda. Ini juga menyediakan lebih dari setengah target harian Anda untuk mangan, mineral yang penting untuk fungsi otak dan saraf. Mencampurnya dengan kacang untuk membentuk sehat burger vegetarian.

Sarden, makanan sehat untuk wanita

  • Sarden sumber terbaik omega 3

Mereka murah, portable, dan salah satu sumber terbaik omega-3 untuk jantung sehat. Bahkan, wanita yang rutin makan jenis lemak rantai panjang yang ditemukan di ikan sarden menikmati penurunan 38% risiko penyakit jantung iskemik, menurut sebuah studi Denmark.

  • Sarden kaya vitamin B12

Rantai panjang omega-3 juga telah terbukti untuk membatasi peradangan dan pertumbuhan tumor yang lambat. Ikan kecil ini merupakan sumber fenomenal vitamin B12, yang membantu tubuh Anda membuat DNA sekaligus menjaga sel-sel saraf dan darah Anda sehat.

Kefir, susu fermentasi yang baik bagi wanita

  • Kefir mengandung probiotik yang baik bagi pencernaan

Minuman susu fermentasi yang penuh dengan bakteri probiotik yang sehat ini membantu sistem kekebalan tubuh dan pencernaan Anda berfungsi dengan baik.

  • Probiotik juga mencegah perkembangan jamur candida dan peradangan

Probiotik seperti yang ditemukan di kefir juga membatasi kehadiran mikroba berbahaya yang disebut candida, yang dapat menyebabkan kram perut dan kulit masalah seperti ruam atau jerawat, penelitian telah menunjukkan.

Enak dalam smoothie atau diminum sendiri, carilah kefir polos, yang mengandung lebih sedikit kalori dan gula, daripada yang sudah ditambahi perasa dan gula.

Bawang bombay kaya polifenol dan flavonoid

  • Polifenol dan flavonoid untuk memerangi kanker

Bawang bombay mengandung polifenol dan flavonoid, baik terkait untuk menurunkan stres oksidatif dan mengurangi risiko kanker.

Senyawa sulfur pada  bawang membantu mengontrol gejala diabetes dan melindungi jantung Anda dari penyakit. Dan kromium ditemukan dalam bawang telah terbukti untuk mengatur gula darah.

Tip: lapisan terluar cenderung mengandung nutrisi yang lebih sehat, buang sesedikit mungkin lapisan terluar.

Teh kaya antioksidan, baik untuk kesehatan wanita

Senyawa antioksidan teh hijau ini telah dikaitkan dengan pertumbuhan lebih lambat kanker, aliran darah membaik, penurunan berat badan, meningkatkan fungsi hati, dan mengurangi tingkat penyakit otak seperti Alzheimer dan Parkinson.

Tapi teh hitam ini tidak kalah baik juga, terbukti mengurangi risiko stroke dan kerusakan paru-paru akibat merokok. Ada banyak perdebatan berapa banyak Anda harus minum untuk mengalami keuntungan.

  • Teh hijau tidak disarankan untuk penderita beberapa penyakit autoimmun

Belum ada bukti ilmiah bahwa minum terlalu banyak teh berbahaya. Kecuali pada orang dengan penyakit autoimun tertentu, harus menghindari konsumsi banyak teh hijau, seperti:

  • Sinusitis kronis
  • Banyak jenis kanker
  • Hepatitis B dan C (campuran kelebihan Th1 dan Th2)
  • Ulcerative colitis(peradangan usus parah)
  • Infeksi virus
  • Penyakit Lupus

Kopi ternyata baik bagi kesehatan wanita

Sementara para peneliti masih mencoba untuk mencari tahu apa yang sehat dari kopi. Kafein? Antioksidan? Ada sedikit keraguan Anda manfaat tubuh dari kopi.

  • Kopi menurunkan resiko kematian sebesar 13%

Sebuah studi institusi kanker besar di AS menemukan perempuan yang minum 2 sampai 3 cangkir per hari menikmati penurunan 13% risiko kematian. Konsumsi sehari-hari juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko untuk diabetes, kanker kulit, demensia, dan Alzheimer. Kopis biasa lebih sehat daripada kopi tanpa kafein, penelitian telah menemukan.

Raspberi, makanan sehat untuk wanita yang dianjurkan

  • Raspberi kaya mangan, antioksidan, vitamin

Hanya 1 cangkir mengandung hampir setengah mangan penting harian Anda untuk otak dan fungsi saraf, serta kesehatan tulang dan sendi.

Raspberry tinggi serat, vitamin C, dan antioksidan, dan rendah karbohidrat.

Dan fitonutrien yang ditemukan di raspberry dapat membantu memperlambat atau mengurangi pertumbuhan sel kanker, penelitian baru menunjukkan. Jika Anda bisa, membeli raspberry organik; Penelitian USDA menunjukkan buah ini salah satu yang paling sering terkontaminasi dengan pestisida.

Mengapa Beras merah makanan sehat untuk wanita?

  • Beras merah tinggi serat dan kaya zat selenium

Rendah lemak dan tinggi serat, beras merah juga merupakan sumber yang kaya selenium, elemen penting untuk metabolisme tiroid, kesehatan DNA, dan fungsi sistem kekebalan tubuh yang tepat, sesuai dengan NIH.

  • Beras merah mengandung niacin dan mangan

Satu cangkir dimasak mengandung lebih dari 27% dari kebutuhan selenium harian Anda. Beras merah juga merupakan sumber yang baik dari mangan dan niacin, yang keduanya penting bagi otak dan kesehatan jantung. Swap dalam beras merah untuk putih, dan Anda akan melakukan kesehatan Anda nikmat yang besar.

 

Sumber : sehatly.com

Foto : prweb.com

Artikel sebelumnyaMenikah dengan Warga Asing, ini solusinya !
Artikel selanjutnyaMenikah dengan Warga Negara Asing, A – Z !
I am the owner and founder of SCI MEDIA www.sayacintaindonesia.com. With a strong background as a media writer since 1994 from various magazines and newspapers and an independent writer for non-fiction books I have launched built me to have excellent skill in communication with people. I also have the skill to build corporation and personal images such as being coach for beauty contest and working as Artist Manager. I have experience gathering information to write personal biography books along with speaking at seminars and mentoring young women. I was affiliated with more than 50 organizations mostly about women empowerment I was a leader for some projects in Ministry of Women Empowerment. I handled the PR of my party in the presidential election. I have worked with seminars, workshops, talk shows from various topics such as healthy lifestyle, how to become good writer, and others.