The Power of HALLYU di kalangan anak zaman ‘now’

0

Fenomena Korean Wave atau yang biasa disebut Hallyu merupakan fenomena mendunianya budaya Korea Selatan. Kini tak ada satu pun negara di dunia yang tak mempelajari budaya Korea. Salah satu budaya Korea Selatan yang sangat mendunia yaitu K-Pop.

Siapa yang tidak pernah mendengarkan lagu Black Pink? Meskipun banyak masyarakat tidak paham betul lagu K-Pop Blackpink, namun setidaknya pernah sesekali mendengarkan lagu K-Pop. Akan tetapi, tidak semua orang bisa dengan mudah menerima lagu-lagu Korea ini.

Banyak yang bertanya tanya kenapa K-Pop begitu digemari anak muda zaman sekarang? Apa uniknya? Padahal bahasanya nya pun kadang tidak dimengerti. Tentunya ini menjadi pertanyaan terutama bagi orang awam yang tidak mengerti K-Pop.

Mereka akan terus bertanya mengapa orang begitu menggemari musik K-Pop. Nah, artikel ini akan mengulas tentang mengapa K-Pop begitu digemari anak muda.

  1. Melodi KPop Mudah Diingat

Semua lagu K-Pop memiliki melodi musik yang beragam dan unik. Namun yang harus diketahui, meskipun terlihat rumit karena bahasanya, lagu K-Pop bisa membuat kita kecanduan dengan istilah penyakit Korean Fever.

Melodinya yang mudah diingat membuat semua orang dapat berkali-kali melantunkannya. Salah satu contohnya lagu Blackpink ‘Ddu Du Ddu Du’. Ketika mendengarkan lagu ini pasti seseorang akan teringat langsung dengan nada ‘Ddu Du Ddu Du’ tersebut.

  1. Visualisasi Music Video Sangat Kreatif

Selain melodinya yang mudah diingat, setiap lagu K-Pop pastinya selalu didukung dengan Music Video (MV) yang kreatif. Ini menjadi daya tarik utama dari adanya lagu K-Pop. Apalagi jika lagu tersebut berasal dari Grup KPop.

Dengan visualisasi yang kreatif, penampilan setiap member grup K-Pop menarik perhatian ditambah lagi setiap member menggunakan fashion ciri khas Korea Selatan. Ini menjadi alasan utama mengapa K-pop begitu diminati oleh para Kpopers.

  1. Menggunakan Ciri Khas Koreografi dan Multibahasa yang Menarik

Setiap member Grup K-Pop dibekali dengan keahlian menari. Alasan kuat mengapa ada banyak penggemar Kpopers yaitu karena dibeberapa lagu K-Pop menggunakan koreografi yang cukup sulit. Hal ini yang membuat orang menjadi tertarik untuk mempelajari dan mengikuti koreografi atari ala lagu K-Pop tersebut.

Ada pula alasan mengapa K-Pop digemari banyak orang yaitu karena penggunaan bahasa dalam lagu K-Pop itu sendiri. Mengapa demikian? Ya, inilah uniknya K-Pop, biasanya K-Pop memang menggunakan Bahasa Korea Selatan, namun dalam musik K-pop tak jarang juga yang menyesuaikan perkembangan zaman. K-Pop mulai menggunakan multibahasa seperti Bahasa Inggris dan terjemahnya. Korean Wave membuat semua orang ingin belajar budaya Korea, sehingga dibuatlah juga Bahasa Inggris yang memudahkan K-Popers untuk mengetahui makna lagu K-Pop.

Nah, alasan diatas menjadi alasan yang sering diungkapkan oleh K-Popers mengapa mereka begitu menggemari K-Pop. Walau bagaimanapun fenomena ini sulit dibendung walau pada akhirnya memiliki kurun masa dan selalu ‘come and go”

Welcome HALLYU….semoga tidak cepat berlalu ! (LD)

 

Kontributor SCI Media : Lutfia Dwi Kurniasih

Foto : Soompi doc

 

 

 

 

 

Lutfia Dwi Kurniasih

 

 

Artikel sebelumnyaTHE WENNY TALK ABOUT IS BACK !
Artikel selanjutnyaSerbuan TKA Cina, kebutuhan atau kebijakan ?
I am the owner and founder of SCI MEDIA www.sayacintaindonesia.com. With a strong background as a media writer since 1994 from various magazines and newspapers and an independent writer for non-fiction books I have launched built me to have excellent skill in communication with people. I also have the skill to build corporation and personal images such as being coach for beauty contest and working as Artist Manager. I have experience gathering information to write personal biography books along with speaking at seminars and mentoring young women. I was affiliated with more than 50 organizations mostly about women empowerment I was a leader for some projects in Indonesia Ministries. I handled the PR of my party in the presidential election. I have worked with seminars, workshops, talk shows from various topics such as healthy lifestyle, how to become good writer, and others.