Fakta COP26: Konferensi Iklim Terbesar di Dunia

0
935

SAYACINTAINDONESIA — Belakangan ini dunia sedang sibuk membahas tentang permasalahan krisis iklim. Berhubungan dengan hal tersebut maka telah dibentuk sebuah KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) yang diberi nama Conference of The Parties (COP).

Faktanya, konferensi ini merupakan konferensi tingkat tinggi tahunan terbesar di dunia yang mempertemukan pemimpin dunia, termasuk dari Indonesia, guna membahas penanganan krisis iklim. Dalam gelarannya yang ke-26, COP26 diselenggarakan pada November 2021 di Glasgow, Skotlandia.

Momentum Krusial Setelah Perjanjian Paris

COP26 ini menjadi krusial sejak Perjanjian Paris yang terbentuk dalam agenda COP21 pada tahun 2015 lalu, sebab untuk pertama kalinya ratusan negara akan menyampaikan hasil kerja pemangkasan emisi mereka dalam lima tahun terakhir, sesuai dengan kesepakatan laporan rutin dari Perjanjian Paris.

Kesempatan Terakhir bagi Para Pemimpin Dunia

Gelaran KTT di Glasgow ini disebut sebagai kesempatan terakhir bagi para pemimpin dunia dalam menentukan masa depan. Hal ini berkenaan dengan waktu kita yang memasuki dekade terakhir untuk mengendalikan krisis iklim dengan segera dan menghindari dampak kenaikan suhu yang jauh lebih buruk dan bisa menimbulkan:

  • Bencana alam yang tak terbayangkan
  • Kenaikan muka air laut
  • Kepunahan Biodiversitas

Melibatkan Berbagai Kalangan

Agenda COP26 ini tidak hanya dihadiri oleh para pemimpin dan perwakilan dari semua pemerintah dunia, tapi juga turut melibatkan partisipasi inklusif dari beragam golongan seperti aktivis lingkungan, anggota LSM, pelaku bisnis, kelompok agama, ilmuwan, hingga masyarakat adat maupun kaum remaja modern.

Sumber: Greenpeace

Gambar: iStock