Empal Gentong, Makanan Khas Cirebon Yang Lezat

0
912
Foto: pixabay

SAYACINTAINDONESIA – Setiap daerah memiliki kuliner khasnya tersendiri. Citra rasa yang dihasilkan dari kuliner khas daerah pun memiliki rasa yang berbeda. Sangat disayangkan bila Anda ketika berkunjung ke daerah tidak mencicipi makanan khasnya seperti kota Cirebon yang memiliki makanan khas yaitu Empal Gentong.

Empang gentong adalah makanan asli Cirebon yang berisi potongan daging sapi, jeroan, babat, paru, usus, dan lain-lain dengan kuah santan bumbu kuning, tidak heran jika banyak yang bilang empal gentong mirip dengan gulai.

Uniknya, sesuai dengannya namanya ‘Empal Gentong’ empal ini direbus dan dimasak didalam gentong dengan menggunakan kayu bakar. Meski dimasak sederhana menggunakan kayu bakar tapi rasa yang dihasilkan sangat kaya.

Gurih dan sedap menggambarkan bagaimana rasa yang dihasilkan dari empal gentong ini. Dimakan saat keadaan panas atau hujan pun sangat cocok. Apalagi ketika makannya diperlengkap dengan tambahan bubuk cabe kering dan kerupuk benar-benar menghasilkan kenikmatan luar biasa.

Jadi, bagi Anda yang sedang mengunjungi Cirebon jangan lupa cicipi Empal Gentong ya!