Akhirnya Presiden negara adidaya Donald J. TrumpMerapat ke Singapore untuk mengadakan pertemuan dengan Kim Jong-Un pemimpin Korea dalam Singapore Summit Selasa (12/6/2018).

Melansir Reuters dan CNN, Selasa (12/6/2018), keduanya muncul di depan media yang telah menunggu sejak pagi. Donald J Trump dan Kim Jong-Un kemudian saling berjabat tangan dan tersenyum ke arah media. Pertemuan digelar di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapore. Pertemuan ini merupakan pertemuan bersejarah mengingat keduanya bak ‘musuh bebuyutan’ dan kerap saling melempar komentar kurang sedap satu sama lain sebelumnya terkait program nuklir Korea Utara.

Selanjutnya Trump dan Kim Jong-Un berjalan bersama ke bagian lain dari Hotel Capella. Keduanya sempat berhenti dan berbincang singkat di salah satu sudut hotel, sebelum lanjut berjalan ke salah satu ruangan di dalam hotel. Keduanya nampak biasa-biasa saja dihadapan para jurnalis dan kameraman. Trump yang usianya jauh lebih senior dari Kim terlihat menguasai arena dan terlihat berperan sebagai leader dalam pertemuan tersebut.

MAsing-masing didampingi penerjemah resmi. Kim juga didampingi saudara perempuannya. Seusai pertemuan dan penandatanganan kesepakatan mereka berdua melakukan makan siang bersama yang jadwalnya mundur 20 menit (sedianya 11.30 waktu setempat).

Jamuan makan siang keduanya dibuka dengan koktail udang plus salad alpukat, kerabu mangga dengan dressing madu dan jeruk nipis serta gurita segar.Kerabu mangga dibuat dengan mangga muda yang diiris tipis memanjang, rasanya mirip dengan asinan yakni perpaduan manis, asam dan pedas. Sajian asli Korea yaitu oiseon juga disajikan sebagai pembuka. Dilansir dari Korea Herald, makanan ini berupa ketimun yang diisi dengan daging sapi, jamur oak cokelat, dan putih telur plus kuning telur sebagai garnish. Rasa manis dan asam diharapkan dapat menggugah selera apalagi tampilannya juga menggoda.

Setelah menikmati makanan pembuka, Kim dan Trump akan menikmati lezatnya menu makanan pembuka Amerika-Korea. Sebagai hidangan ala Amerika, confit iga sapi yang disajikan dengan kentang dauphinois dan brokoli kukus yang disiram dengan saus anggur merah di sisinya akan memuaskan lidah Amerika suami Melania Trump ini. Sedangkan untuk memuaskan lidah Korea Kim Jong Un, makanan utama asli Korea, babi saus asam manis yang disajikan dengan nasi goreng Yangzhou dengan saus cabai XO jug akan disajikan. Tak ketinggalan hidangan khas Korea yakni Daegu Jorim akan melengkapi menu utama makan siang Kim Jong Un dan Donald Trump. Sebagai hidangan pencuci mulut, Trump dan Kim akan menyantap tartlet ganache cokelat hitam, es krim Haagendazs dan Tropezienne.

Kim juga sempat diajak tour oleh Trump untuk melihat-lihat mobil pribadi yang digunakan oleh Trump yang diberi nama The Beast. Mobil seri Cadillac One berjuluk ‘The Beast’ tersebut merupakan buatan General Motors. Sementara Kim Jong-un memilih BMW Series High Security pabrikan Jerman. Kim Jong-un juga membawa mobil Mercedes-Benz yang dipasangi bendera Korea Utara. Keduanya baik Trump maupun Kim mengusung mobil masing-masih ke Singapore dengan pesawat kenegaraan.

Pertemuan ini merupakan pertemuan pertama antara kepala negara AS dan Korut dalam sejarah. Semoga membawa dampak positif bagi terwujudnya perdamaian dunia.

 

Foto : Daily Beast.com

 

 

Artikel sebelumnyaKetupat, darimanakah dia berasal ?
Artikel selanjutnyaNaik Kereta Sleeper yuk !
I am the owner and founder of SCI MEDIA www.sayacintaindonesia.com. With a strong background as a media writer since 1994 from various magazines and newspapers and an independent writer for non-fiction books I have launched built me to have excellent skill in communication with people. I also have the skill to build corporation and personal images such as being coach for beauty contest and working as Artist Manager. I have experience gathering information to write personal biography books along with speaking at seminars and mentoring young women. I was affiliated with more than 50 organizations mostly about women empowerment I was a leader for some projects in Ministry of Women Empowerment. I handled the PR of my party in the presidential election. I have worked with seminars, workshops, talk shows from various topics such as healthy lifestyle, how to become good writer, and others.